Desain Dinding Rumah Menawan Dengan Batu Alam

Sponsored Links

Dinding Rumah Menawan Dengan Batu Alam

Rumah dengan hiasan batu alam mungkin idenya sudah jadul, alias sudah ada sejak kemarin-kemarin sore orang kenal desain rumah. Tetapi hari ini, apabila Anda ingin meracik kembali desain rumah dengan klasik namun cukup menawan untuk tampilan rumah ini, bisa Anda coba disaat monotonnya desain dinding dengan tembok plester. Ya, ya boleh dibilang desain rumah dengan menggunkan dinding berlapis batu alam adalah desain rumah yang berkonsep green. Gimana tidak green lah wong semuanya diambil dari alam, bukan hasil produksi, atau proses produksi yang mencemari limbah lingkungan seperti material lain penghias dinding yang bersifat sintesis seperti wallpaper dinding dengan bahan sablon atau cetak. Itu tentu lebih tidak ramah lingkungan dibandingkan hanya dengan dinding yang menggunkan desain batu alam yang di tempel-tempelkan.

Jika wallpaper dinding, ketika sudah tidak terpakai tentunya akan susah di daur ulang karena hampir bisa dipastikan ada material semi-semi plastiknya, sebaliknya jika Anda menggunkan dinding dari kemewahan batu alam, ketika sudah tidak terpakai atau limbahnya tidak merusak alam, lha memang karena asal muasal batu alam adalah dari alam itu sendiri, sehingga malah kenapa dinamakan batu alam. So, jika ngomong konsep material mana yang lebih ramah lingkungan dalam jangka panjang? Tentu kita akan ngomong, rumah dengan hiasan dindinglah yang lebih ramah lingkungan. Kenapa sih, judul artikelnya cerita soal dinding rumah dengan batu alam kok lari-lari ceritanya ke konsep ramah lingkungan? Ya, tentunya kita harus lebih perhatian dong dengan bumi kita, makin lama bumi kitakan sudah tua, jadi ketika saya dan Anda terlalu sembrono menggunkan material-material yang berpotensi merusak bumi, tentu efeknya jadi kurang baik terhadap kehidupan kita dan anak-anak cucu kita. So, mulai dini pastikan saya dan Anda untuk memilih material bangunan yang lebih tidak merusak lingkungan, termasuk diantaranya adalah lebih menggunakan hasil alam untuk aksesoris dan hiasan dinding rumah.

Dinding rumah dengan batu alam
Dinding rumah dengan batu alam

Efek Sentuhan Rumah Dengan Batu Alam Terhadap Suasana Hati, (Mood Penghuninya)

Untuk menjadikan rumah Anda berpenampilan elegan dalam urusan interior maupun ekterior, tentu dengan sentuhan khas batu alam akan menjadi semakin menawan. Ya, ya konsep rumah dengan hiasan dinding batu alam, betul sangat kelihatan alami dan natural. Tentu bisa Anda bayangkan sendirikan ada dua rumah dengan desain dan model yang sama namun memiliki perbedaan yang mencolok dari keduanya, bangun yang satu menggunkan tembok biasa sedangkan bangunan sebelahnya menggunakan material dinding full batu alam. Menurut imajinasi Anda, rumah manakah yang lebih terlihat natural alami? Tentu rumah yang mempunyai hiasan dinding batu alam tersebut.

Selanjutnya jika di nilai dari sisi artistik, lebih berkualitas mana rumah dengan dinding polosan atau rumah dengan dinding bertabur batu alam? Pastinya jika hati Anda penuh dengan intuisi art tentu akan memilih desain rumah dengan hiasan dinding bertema batu alam. Kemudian untuk menciptakan mood dalam suasana hati ketika menghuni rumah tersebut, lebih oke mana, seandainya ada dua villa, dengan gambaran villa pertama menggunkan dinding yang eksotik dengan batu alam sedangkan villa kedua cukup monoton dengan dinding tembok biasa yang dicat dengan halus saja. Menurut imajinasi kasat mata, mana yang akan menjadikan mood lebih positif dari penghuni villa tersebut?

So, dengan kata lain secara alamiah hati manusia akan lebih tersentuh serta akan menjadikan tentram jiwa ketika rumah kita saja sudah bersentuhan dan menyeimbangkan penggunaan batu alam untuk rumah. Faktor estetika ini jika diaplikasikan dan divisualisasikan terhadap dinding rumah kita, tentu sadar tidak sadar akan menjadikan susana hati, mood lebih baik ketimbang dengan rumah yang polosan apalagi bersifat gersang. Pasti dalam jangka panjang tetap akan meberikan pengaruh yang lebih posistif terhadap mood hati Anda.

Ruang tamu dengan batu alam
Ruang tamu dengan batu alam

Macam-Macam Batu Alam Untuk Dinding Rumah

Untuk mengaplikasikan batu alam kedalam desain rumah tentunya banyak seklai macam dan jenisnya. Ada yang dengan harga level kelas menengah hingga kelas atas. So, berikut ini penulis uraikan dengan singkat model dan bentuk jenis bebatuan alam yang bagus digunakan untuk dinding rumah minimalis Anda.

  1. Batu Lempeng Kali

Untuk batu jenis lempeng kali, adalah bebatuan yang jenis dan modelnya berlempang. Kenapa dinamakan batu lempeng kali, karena biasanya dengan mudah dijumpai di sungai atau kali-kali di Indonesia. Jenis dan model batu ini cukup muedha didapat, karena tidak memerlukan keahlian khusus untuk mendaptkan dikali, cuman pilih saja yang bentuknya lempeng-lempeng. Jika Anda tidak bisa mencarinya banyak juga kok langsung dijual dipinggir-pinggir sungai tersebut atau toko bangunan.

  1. Batu Marmer

Batu marmer memang cukup bagus dan terkenal untuk hiasan dinding batu alam. Harganya relatif lebih mahal, namun cukup mewah serta menawan jika diaplikasikan menjadi hiasan dinding untuk rumah.

  1. Batu Candi

Jenis dan model batu untuk candi ini sudah terkenal sejak dulu. Jika dulu banyak dipakai untuk bangunan-bangunan jenis candi, namun hari ini bisa Anda aplikasikan untuk hiasan dinding rumah Anda. Bentuk dan modelnya karena mempunyai struktur yang kasar, tentunya akan mempunyai nilai keindahan tersendiri jika di tempel menjadi hiasan dinding rumah milik Anda. Sedikit kekurangan soal batu candi adalah, jenis dan model batu ini mudah berlumut, sehingga ketika Anda kurang rajin membersihkan tentu akan terkesan mudah kotor serta akan mengurangi kehalusan dan keindahan batu model candi ini.

  1. Batu Paras

Untuk batu paras, sebetulnya hampir-hampir mirip dengan batu candi, namun batu paras ini mempunyai ciri khas pori yang lebih besar dibnadingakn dengan batu candi. Sejenis dengan batu candi namun model serta teksturnya saja yang berbeda.

  1. Watu Tempel atau Templek

Jenis batu yang satu ini sebetulnya hampir sama juga dengan batu kali. Jika Anda kreatif serta inovatif didalam mendesain untuk hiasan dinding rumah milik Anda, tentu akan menjadi desain dinding yang menawan dan mewah untuk hiasan dinding rumah minimalis milik Anda. Ide yang sederhana dan tidak mahal namun mampu menjadikan rumah berkesan istimewa dibandingkan dengan rumah-rumah kebanyakan.