Contoh Desain Gagang Pintu Rumah Minimalis

Sponsored Links

Desain Gagang Pintu Rumah Minimalis

Gagang pintu atau dalam bahasa bule biasa dinamakan handle pintu adalah gagang pintu rumah yang didesain untuk membuka dan menutup pintu. Handle pintu adalah slaah satu bagian penting didalam memfungsikan pintu. Jadi alangkah lucunya jika ada pintu namun tak diberi hiasan aksesoris pegangan pintu. Gagang pintu selain menurut fungsi digunakan untuk membuka dan menutup pintu, handle pintu juga digunakan sebagai aksesoris pemanis sebuah pintu. Lihat saja, rumah-rumah kelas mewah menengah keatas, mereka selalu mempercantik ruangannya dengan handle pintu yang cukup mewah.

Rumah mewah serta rumah biasa, bisa juga dilihat dari penggunaan gagang buka pintu masuk ini. Peran handle pintu dengan gaya desain rumah dengan model apapun, mau desain rumah minimalis atau rumah dengan desain klasik modern tentu peran untuk memperindah tampilan interior dan eksterior ada pada handle pintu. Ini adalah salah satu peran dan fungsi yang tak tampak namun akan berpengaurh terhadap penampilan gaya serta model rumah secara keseluruhan. Belum lagi jika dilihat dari segi bahan yang digunakan untuk handle pintu ini. Jika Anda suka kembali kepada kekemasan zaman klasik modern tentu bahan kuningan adalah sangat cocok untuk mendukung selera Anda tersebut. Selanjutnya jika Anda suka dengan gagang pintu dengan konsep-konsep rumah minimalis pastinya menggunakan bahan monel, kuningan, stainless steel atau alumunium adalah pilihan yang sangat cocok.

Jika Anda melihat rumah yang cukup mewah dan besar tetapi mempunyai handle pintu yang kurang pas, tentunya desain rumah secara utuh akan kurang menarik. Sebaliknya, memang sih rumah yang ingin Anda desain hanya biasa-biasa, semisal desain sederhana minimalis, namun Anda pilih gagang pintu yang cukup padu dengan ruangan maka akan menjadi ruangan yang cukup elegan. Bisa dibuktikan lho! Jadi peran gagang pintu ini cukup penting untuk keindahan sisi artistik ruangan secara utuh.

Aneka desain gagang pintu
Aneka desain gagang pintu

Cara Memilih Desain Handle Pintu Yang Menarik Untuk Rumah Anda

Memilih gagang pintu memang gampang-gampang susah. Gampangnya ooo cuman seperti itu saja kok perlu dipikir-pikir dengan pusing. Namun sebaliknya ada hal yang cukup susah adalah memandukan gagang pintu dengan totalitas padu ruang secara utuh. Jadi kelihatan sepele, sebetulnya bukan barang yang sederhana. Ini adalah seni memilih dan memadukan interior ruangan secara utuh, salah satunya dengan memilih desain gagang pintu yang bagus dan cocok untuk ruang Anda. Berikut ini adalah tips untuk memadukan dan memilih handle pintu yang terbaik untuk Anda.

  1. Pastikan Anda menggunakan ukuran proporsional untuk handle pintu Anda. Jika pintu Anda berukuran besar dan tebal tentunya memilih handle pintu yang berukuran jumbo adalah pilihan yang terbaik. Bukan memilih gagang pintu yang mungil, sehingga ketika di gunakan akan kurang berimbang dengan pintu Anda.
  2. Sesuaikan pula dengan tema rumah atau ruko Anda, mau klasik atau modern pastikan handle pintu mewakili konsep dan ide rumah Anda. Ini adalah ide sederhana namun cukup penting terhadap efek kekompakan desain rumah secara keseluruhan. Jika salah mengawinkan tentu akan menjadi rumah yang berkesan aneh serta tak padu. Ini diperlukan sentuhan seni yang agak dalam untuk menjadikan desain rumah minimalis atau modern Anda berdiri dengan kompak sesuai dengan ide dan model rumah milik Anda.
  3. Pastikan juga Anda tidak salah memilih dan menempatkan fungsional untuk gagang pintu. Tentunya jika gagang pintu untuk kamar mandi akan sedikit berbeda dengan desain pintu depan atau pintu utama rumah. Ini penting untuk menjadikan desain rumah Anda berkesan apik dan ciamik.
  4. Jangan lupa untuk memasang door stop, penahan pintu agar tidak terjadi goresan yang tidak bagus terhadap tembok dibelakang pintu karena dorongan atau benturan dengan handle pintu.
  5. Pilihlah bahan yang paling sesuai dengan model dan desain pintu Anda. Ada kalanya memang bagus menggunakan bahan alumunium jika dibandingakan dengan kuningan. Atau sebaliknya lebih baik menggunakan bahan plastik jika dibandingkan stainless steel untuk pegangan pintu tersebut. Jadi pastikan Anda memadukan seciamik mungkin agar menjadi pintu yang ideal dan padu dengan pintu Anda.

Itulah tulisan sederhana tentang bagaimana memilih desain handle pintu yang menarik dan pas untuk rumah Anda. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk Anda.