Contoh Denah Rumah Minimalis Dua Lantai Sederhana

Sponsored Links

Denah Rumah Minimalis Dua Lantai-Membangun rumah dengan satu lantai kayaknya belum menjadi sebuah kepuasan untuk sebagian masyarakat kita hari ini. Jika tidak puas dengan rumah dengan satu lantai mereka akan mengembangkan rumah menjadi dua lantai. Jika sudah punya rumah dua lantai, mungkin menginginkan rumah dengan tiga lantai, dan seterusnya. Apakah salah punya keinginan seperti ini? Ow, … tentu saja tidak ada yang salah ! Memang sih jika ngomong keinginan manusia soal selera membangun rumah, sampai mendekati ajal gak ada puasnya. So, sebenarnya membangun rumah bagus adalah sebuah keharusan, yang tidak boleh itu adalah pemborosan atau pemubaziran harta yang berlebihan karena hanya menuruti hawa nafsu saja.
Ok, tidak berlebihan jika dalam tulisan kali ini, kita akan membahas soal desain denah rumah minimalis dua lantai sederhana. Jadi sebuah konsep rumah dengan dua lantai namun bukan sebuah rumah yang super mewah, namun cukup nyaman serta elegan untuk ditinggali. Rumah yang cukup ideal bagi keluarga yang jumlah anggota keluarganya tergolong sedang, tidak terlalu banyak juga tidak terlalu sedikit. Berikut ini kami sertakan sebuah desain denah rumah sederhana dua lantai sebagi illustrasi bahwa rumah dengan dua lantai bisa didesain dengan anggun serta elegan.
Kesederhanan sebuah desain untuk rumah walupun tidak mewah-mewah benget yang yang penting mampu mengakomodasi bahwa rumah tersebut merupakan rumah dengan dua lantai yang cukup elegan. Penggunaan rumah menggunakan konsep dua lantai sebenarnya bukan melulu karena mengacu pada sebuah gaya rumah yang fungsional namun lebih berkaca kepada penghematan penggunaan lahan. Seperti kita ketahui bahwa harga tanah untuk pemukiman sudah mulai meroket terus naik. Solusi paling jitu untuk penghematan buget untuk menghasilkan sebuah rumah yang luas adalah dengan diversifikasi keatas bukan kesamping. Sehingga dengan kreatifitas kelas wahid, pastinya akan dihasilkan desain rumah dua lantai yang ciamik serta mantap.
Penerapan point yang pokok untuk denah rumah minimalis dua lantai yaitu terletak pada sisi fungsi sebuah rumah plus kesederhanaan. Optimalisasi penggunaan ruangan rumah dua lantai intinya pada efisiensi serta penggunaan secara utuh dan menyuluh terhadap penggunaan fungsi-sungsi yang proporsional terhadap sebuah rumah. Rumah sederhana dua lantai tidak perlu aksesoris ruangan yang aneh-aneh serta tidak perlu didalam penggunaannya. Termasuk lagi menggunakan furniture rumah yang kurang perlu juga merupakan sebuah target untuk memberikan kesan ruang yang luas pada setiap sudut denah ruangan rumah minimalis.

        Denah Rumah Minimalis 2 Lantai

Gambar denah rumah minimalis diatas adalah sebuah konsep untuk membangun rumah dengan type dua lantai yang sangat sederhana. Jika Anda membaca dari kedua lantai dari denah rumah diatas menunjukkan tidak banyak aksesoris yang butuhkan untuk membuat rumah tersebut. Kita lihat denah untuk lantai dasar, denah rumah diatas hanya dioptimalkan untuk ruang tamu, satu kamar tidur utama serta satu ruang keluarga plus dapur mini serta kamar mandi. Jika Anda lihat tidak banyak terlihat sekat-sekat ruang yang tidak perlu, semuanya mengacu pada konsep efisiensi serta optimalisasi sebuah ruangan sederhana.

Gambar denah rumah untuk lantai dua dioptimalkan untuk dua kamar tidur namun dengan desain istimewa yaitu kamar mandi didalam. Istimewanya dimana? Keistimewaanya terletak pada pengaplikasian ruang secara penuh yaitu dua kamar tidur plus dua kamar mandi. Jadi untuk penggunaan kamar mandi tidak akan menggangu antara aktivitas kamar satu dengan kamar sebelahnya. Mungkin cukup aneh sih kelihatannya jika di aplikasikan untuk rumah minimalis sederhana Anda! Namun itulah istimewanya denah rumah minimalis diatas. Idenya adalah terletak pada optimalisasi ruangan dengan lahan yang cukup sempit. Dilantai dua ini seakan tidak ada ruang-ruang tambahan yang lain untuk mempercantik ruangan, namun di gunakan habis untuk dua kamar tidur plus kamar mandinya masing-masing. Sebuah konsep rumah minimalis dua lantai yang jarang digunakan orang pada umumnya. Namun nilai efisensi serta penghematan ruangan sangat nampak terlihat jelas pada denah rumah ini.

Desain rumah minimalis rumah dua lantai diatas sangat direkomendasikan untuk tanah yang luasnya betul-betul terbatas, namun ingin menggunakan lahan secara efisien serta optimal. Jadi walaupun menggunakan luas lahan yang sempit namun dengan konsep denah rumah diatas sangat memberikan kesan yang luas untuk sebuah ruangan. Keistimewaan inilah yang kadang orang sering lupa membaca untuk konsep denah rumah minimalis dua lantai. Walaupun dua lantai bukan berarti dengan seenaknya saja menggunakan desain ruangan dengan suka-suka. Tetap harus diingat bahwa untuk membuat beton untuk lantai bertingkat bukan sebuah biaya yang murah untuk mewujudkannya, apalagi disaat bahan baku material saat ini yang harganya sudah kayak setan, alias tiap tahun naiknya tidak tanggung-tanggung.

Untuk memperjelas denah rumah dua lantai diatas, luas lahan yang dibutuhkan minimal 95 meter persegi. Sebuah rumah yang sangat proporsional dan anggun jika di bangun di daerah pemukiman perkotaan. Rumah yang cukup mungil namun memiliki dua lantai, sebuah konsep rumah yang elegan mengingat untuk membangun rumah ini, walaupun sederhana masih angka biaya yang cukup ideal bagi mereka yang hendak membangun rumah terutama untuk pemula namun ingin berkesan sederhana elegan.

Jika dari tadi kita ngomongin keitimewaan denah rumah dua lantai minimalis diatas, pastinya ada beberapa kekurangan yang dimiliki dari denah rumah dua lantai minimalis diatas. Wajar dong, jika kami juga harus menyertakan plus minus dari sebuah konsep rumah minimalis dua lantai tersebut diatas. Sebuah penilaian yang cukup objektif dan berimbang tentunya. Sehingga tetap akan menjadikan sebuah pertimbangan tersendiri untuk Anda jika mengaplikasikan rumah tersebut untuk rumah idaman terbaik Anda.

Kekurangan dari denah rumah diatas ada pada penggunaan ruangan lantai dua. Semua ruangan digunakan untuk kamar tidur plus kamar mandi. Jika Anda kurang menyukai konsep dan model ini tentunya Anda bisa menggunakan desain dengan denah cukup satu kamar mandi saja untuk ruang lantai dua. Sehingga ada satu ruang kosong yang bisa Anda gunakan sebagai arena perpustakaan rumah pribadi, atau ruang khusus aktifitas kanto Anda. Atau alternatif yang paling mungkin Anda bisa mendesain 3 kamar tidur untuk lantai dua tersebut. Jadi dari kekurangan penggunaan untuk lantai dua terletak pada pemubaziran sebuah kamar tidur dengan satu kamar mandi. Jika Anda lebih menyukai efiseinsi tingkat tinggi tentunya bisa Anda modifikasi dengan menambah satu kamar tidur dengan mengorbankan satu kamar mandi saja untuk ruang di lantai dua.

Sedangkan kekurangan untuk denah rumah di lantai dasar adalah lupa terlewatkan untuk memodifikasi ruang kamar mandi plus ruang untuk laundry alias ruang untuk mencuci pakaian. Adalah sebuah konsep bangunan yang tidak idela menurut saya jika harus memultifungsikan kamar mandi dengan ruang untuk mencuci pakaian. Jadi setidaknya untuk lantai dasar Anda bisa memodifikasi dengan menambahkan ruang mini untuk mencuci pakaian. Sebenarnya semuanya disesuaikan dengan kebutuhan, tergantung dari individu membutuhkan secara vital ruang untuk mencuci pakaian atau tidak namun ini menurut saya adalah sebuah ruangan yang harus ada. Plus satu lagi jangan lupa, bahwa desain denah rumah diatas memiliki kekurangan tidak mempunyai ruang untuk penyimpanan alias gudang mini. Jadi walau bagaimanapun sebuah rumah setidaknya harus ada ruang untuk penyimpanan sementara atau gudang untuk memberikan kesan sebuah rumah yang tidak penuh sesak dengan berbagai aksesoris atau furniture yang tidak perlu. Sebagai media penyimpanannya diperlukan sebuah satu ruang yaitu gudang.

Secara keseluruhan denah rumah dua lantai diatas cukup ideal untuk diaplikasikan kedalam rumah minimalis dua lantai. Namun sebagai catatan masih ada beberapa ruangan yang perlu ditambahkan sesui dengan selera dan kebutuhan Anda. Karena beda orang beda selera, namun yang jelas denah rumah diatas cukup proporsional jika Anda aplikasikan untuk rumah Anda. Dan jangan lupa jika Anda seorang muslim untuk menambahkan satu ruang khusus untuk aktifitas ibadah sholat. Tentu jika Anda menambahkan satu ruang tersebut untuk rumah Anda, secara tidak langsung untuk membuat rumah yang islami plus rumah yang terang dengan nuansa religius, untuk memberikan keberkahan dari pembangunan rumah itu sendiri.

Sekian artikel riview dari kami tentang contoh denah rumah minimalis dua lantai sederhana. Ada plus minusnya kami minta maaf yang sebesar-besarnya. Karena tidak ada sebuah gading yang tidak retak, sama juga dengan desain denah sebuah rumah, tidak ada sebuah desain yang sempurna. Untuk penilaian sempurna atau tidak tentunya Andalah yang lebih tahu tentang selera dan keinginan desain denah rumah dua lantai Anda. Selamat berkreasi dan berimprovisasi dengan desain denah rumah minimalis dua lantai Anda!