Tips Sederhana Untuk Mengelola Berbisnis Kontrakan

Sponsored Links

Bisnis Kontrakan 

Berbisnis kontrakan merupakan bisnis sederhana namun masih sangat menjanjikan. Bisnis kontrakan dari tahun ke tahun permintaannya selalu meningkat, mengingat kebutuhan akan tempat tinggal makin tahun juga makin tinggi. Sedangkan pemilik kontrakan pertumbuhannya tidak sebanding dengan permintaan akan kebutuhan kontrakan. Intinya jika di tinjau dari supply and demand tidak berimbang antara permintaan pencari kontrakan dengan pemilik kontrakan. Penyewa kontrakan lebih banyak daripada pemilik rumah yang di kontrakkan.

Dengan kondisi ini mau tidak mau berdampak kepada harga kontarakan yang setiap tahun mengalami peningkatan dalam hal tarif sewa. Baik itu dengan perhitungan tarif sewa per bulan atau tarif sewa per tahun.

So, jika Anda ingin berbisnis kontrakan ada beberapa hal yang perlu di perhatikan ketika hendak membangun sebuah kontrakan.

Tips Membangun dan Mengelola Rumah Kontrakan

Untuk membangun rumah kontrakan perlu diperhatikan beberapa hal yang menjadikan sebuah kontrakan berpotensi menjadi type kontrakan untung atau type kontrakan rugi. Kelihatannya sih sederhana, namun jika Anda kurang cermat dalam memperhitungkannya bukan untung yang di dapat dari bisnis kontrakan namun, malah buntung. Dengan kata lain untuk balik modalnya lama, karena kontrakannya kurang laku. Berikut ini beberapa tips untuk bisnis kontarakan yang perlu Anda cermati:

  1. Pilih lokasi kontrakan yang strategis

Lokasi yang stragtegis dalam memilih sebuah kontrakan memang perlu, logikanya sederhana ketika kita membuat kontrakan di sekitar kampus, lokasi sekitar area industri atau tempat strategis lainnya tentu akan lebih potensial untung di banding dengan lokasi yang jauh dari kata stretegis.

Membangun kontrakan semurah-murahnya tetap modal yang di butuhkan bukan uang sedikit. Mau tidak mau untuk mengembalikan modal bukan jangka pendek, namun menggunakan waktu jangka panjang.

Jika kita memilih tempat kontrakan berlokasi di lokasi dekat kampus dengan lokasi perkantoran akan berbeda potensi juga pengontraknya. Penyewa rumah kontrakan kita seorang pekerja pabrikan dengan mahasiswa tentu akan berbeda dalam menanganinya.

So, lokasi menentukan potensi. Lokasi menentukan penyewa. Pandai-pandailah menentukan lokasi dalam membangun rumah kontrakan. Namun tidak ada hitungan yang pasti di dalam bisnis properti rumah kontrakan. Lokasi yang strategis belum jaminan laku keras, dan lokasi yang biasa-biasa saja juga bukan jaminan sebuah kontrakan tidak laku, pelajari perilaku konsumen dengan cermat tempat akan di bangun sebuah kontrakan.

  1. Jika tidak dilokasi lokasi yang strategis, pastikan kontrakan Anda punya nilai plus

Membangun rumah kontrakan di tempat strategi memang penting, namun itu juga bukan segala-galanya untuk laku tidaknya sebuah kontrakan. Bisa jadi sebuah kontrakan dengan jauh dari lokasi strategis namun berada di tempat yang nyaman dan jauh dari kebisingan justru di cari orang.

Atau kontrakan Anda memiliki nilai plus lingkungan sekitar dan masyarakatnya baik-baik dan jauh dari kriminalitas juga menjadi sebuah nilai plus yang menjadikan betah para penyewa rumah kontrakan Anda.

So, pastikan kontrakan Anda mempunyai nilai plus di banding dengan kontarakan-kontarakan sekitar, sehingga punya nilai jual yang plus. Bukan sekedar kontrakan-kontrakan biasa, namun kontrakan yang selalu di cari orang.

  1. Desain bangunan kontrakan menentukan calon konsumen kita

Sebuah kontrakan diminati konsumen selain faktor berlokasi di tempat strategis serta mempunyai nilai plus yang unik, hal yang tidak kalah penting adalah model serta desain bangunan kontrakan kita. Model bangunan yang indah tentu menjadikan berminatnya pera calon penyewa kita. Desain bangunan dengan tata ruang yang bagus hampir boleh dipastikan menjadikan pilihan di banding dengan tata ruang yang sempit.

Desain kontrakan bukan memulu luas yang menjadikan betah untuk di tinggali, namun desain kontrakan yang anggun serta elegan dan mempunyai fasilitas yang cukup memberikan nilai tawar yang bagus.

Belum lagi jika Anda pandai menata tatanan desain interior dan eksterior yang ciamik bukan tidak mungkin kontrakan Anda menjadi idaman para calon penyewa kontrakan.

Jika orang jawa bilang “ono rego gowo rupo” (ada harga ada rupa), desain bangunan kontrakan yang elok nan indah potensi menjadikan harga sebuah kontrakan menjadi lebih mahal dibanding dengan kontrakan yang biasa-biasa saja.

Siapa sih yang tidak ingin tinggal di rumah bagus?

Dengan desain yang bagus dan Anda ketemu dengan calon penyewa yang cocok tentu mereka berani membayar mahal dengan harga yang Anda tawarkan.

So, desain kontrakan Anda seelegan mungkin untuk menarik calon penyewa Anda.

Kontrakan kalibata

 

  1. Atur secara cermat manajemen keuangan dalam bisnis kontrakan

Mempunyai sebuah kontrakan dengan manajemen yang berantakan akan sulit menentukan berapa pengeluaran dan pemasukan rumah kontrakan Anda. Sebaliknya dengan manajemen yang rapi pembukuan Anda, tentunya Anda akan tahu berapa tahun modal akan balik.

Walaupun umumnya sebuah kontrakan biasanya di kelola secara prorangan, namun jika Anda betul-betul menjadikan sebuah kontrakan sebagai bisnis yang besar di masa depan, bukan tidak mungkin mebutuhkan manajemen yang profesional.

So, atur sedemikian rupa manajemen keuangan kontrakan Anda dengan sebaik mungkin!

  1. Survei harga pasar di sekitar Anda sebelum menentukan harga sewa sebuah kontrakan

Menentukan harga kontrakan tentu sewajarnya mengikuti harga pasaran, sebelum menentukan harga kontrakan milik Anda pastinya Anda sudah tahu harga pasaran di sekitar Anda. Bisnis kontrakan adalah bisnis transparan, harga di sekitar biasanya sudah sama-sama tahu.

Namun harga sebuah kontrakan bukan melulu di tentukan harga pasaran, tapi juga dari nilai jual kontrakan Anda. Boleh-boleh saja Anda bisa menetukan harga yang lebih tinggi dari harga pasaran di sekitar Anda, karena memang kontrakan Anda memiliki nilai plus.

So, pandai-pandailah dalam menentukan harga sewa rumah kontrakan Anda !

  1. Tetap waspada dan hati-hati terhadap calon penyewa kontrakan Anda

Positif thingking terhadap calon pengontrak rumah kita adalah wajib. Namun bukan tidak mungkin kita akan menemui konsumen yang kadang niatnya atau tabiatnya kurang bagus di dalam menyewa atau mengontrak rumah Anda.

So, teliti dengan hati-hati sebelum menerima seseorang dalam melakukan transaksi dengan Anda. Bukan curiga sih, namun cukup kita melakukan seleksi sewajarnya di dalam calon penyewa rumah kontrakan kita.

Karena, sudah di ketahui bersama model manusia itukan macam-macam, so kata hati-hatilah yang akan menyelamatkan kita dari hal-hal yang tidak di inginkan.

Itulah bahasan dari kami tentang tips-tips sederhana di dalam bisnis kontrakan.

SELAMAT BERBISNIS KONTRAKAN ! SEMOGA SUKSES!