Cara Murah dan Efisien Merenovasi Rumah

Sponsored Links

Tips Murah dan Efisien Merenovasi Rumah

Anda ingin merenovasi rumah namun mempunyai dana pas-pasan? Anda ingin memperbaiki rumah tetapi buget tips? Ya, mungkin ada seribu satu alasan dan kendala ketika Anda ingin merenovasi rumah Anda yang mungkin sudah mulai usang. Ya..ya..dalam tulisan simpel dan sederhana kali ini, Saya ingin mengkhususkan untuk Anda, Bagaimana merenovasi rumah dengan cara efisien dan murah.

Renovasi rumah merupakan sebuah aktifitas untuk melakukan perubahan-perubahan terhadap kondisi rumah yang ada. Ada beberapa hal yang mungkin memang mengharuskan untuk melakukan sebuah renovasi, misalnya untuk menjadikan ruang yang tadinya sempit di tambah ukurannya, ada juga melakukan perbaikan struktur rumah yang tadinya sudah pada lapuk di ganti yang baru, atau mungkin sekedar mengganti lantai yang tadinya plester di ganti dengan keramik agar terlihat lebih cantik dan menarik. So, renovasi rumah merupakan semua aktifitas yang bertujuan untuk menjadikan rumah Anda lebih bagus, lebih kuat, lebih luas. Namun perlu di garis bawahi bahwa untuk menjadikan tujuan utama merenovasi rumah murah, efektif dan efisien tentunya di perlukan ilmu dasar dan perlu disiplin dalam melakukan kegiatan renovasi rumah tersebut. Inilah tips untuk Anda.

  1. Pastikan Kegiatan Renovasi Anda di Rencanakan Dengan Baik

Namanya juga kegiatan renovasi, tentunya akan sangat mungkin untuk terjebak dalam aktifitas yang kemarin di rasa tidak perlu menjadi perlu. Penambahan yang kemarin di rasa tidak prioritas menjadi prioritas, pembangunan yang kemarin di anggap tidak penting menjadi penting, atau kegiatan apalah yang seyogyanya tidak wajib ada menjadi ada. Misalnya saja Anda ingin merenovasi kamar mandi cukup mengganti keramiknya saja, namun seiring berjalannya waktu ketika proses pembangunan Anda menginginkan memasang aksesoris kamar mandi seperti kaca, rak dan wastafel untuk menjadikan kamar mandi Anda lebih cantik dan elegan. Sesuatu pekerjaan yang bertambah-tambah bukan? Ya, disinilah pentingnya sebuah perencanaan yang matang ketika hendak merenovasi rumah Anda. Pastikan semua terencana dengan baik, dan satu hal yang tak boleh di abaikan adalah Anda fokus terhadap tujuan Anda merenovasi rumah tersebut. Anda harus disiplin dalam melakukan aktifitas kegiatan yang wajib tersebut. Jika tidak, tentunya dana dan biaya berapapun akan terus masuk untuk biaya renovasi rumah Anda.

Renovasi Rumah
Renovasi Rumah
  1. Siapkan Dana Sepantasnya Atau Cukup

Ketika Anda hendak melakukan renovasi rumah murah tentunya ada hal yang juga penting dan patut untuk tidak diabaikan, siapkan dana yang cukup! Ya, ini adalah cukup penting untuk menjaga kelangsungan saat melakukan aktifitas renovasi. Tentunya tak jarang akan muncul biaya-biaya yang tak terduga saat melakukan renovasi. Ini adalah sebuah hal yang wajar. So, pastikan Anda memiliki uanh yang cukup untuk rencana aktifitas renovasi Anda, jika danannya mepet, sangat potensi untuk berhenti di tengah jalan saat pembangunan atau kegiatan renovasi berjalan.

Ada sebuah cara sederhana untuk mengetahui angka kasar, berapa biaya yang diperlukan untuk melakukan renovasi rumah Anda. Ketika Anda ingin tahu biaya atau harga bangunan yang muncul, Anda bisa menanyakan secara langsung di toko bangunan berapa harga pasaran material untuk bangunan Anda. Dengan cara ini setidaknya Anda akan memiliki tingkat keakuratan lebih tinggi di bandingkan dengan hanya mengangan-angan di kepala tetapi tanpa mempunyai informasi yang cukup. Tips ini penting untuk di lakukan ketika Anda memiliki dana yang terbatas, sehingga akan ada sebuah efisiensi dalam proses renovasi rumah.

  1. Pilihlah Tukang Bukan Kontraktor

Apa sih bedanya memilih mengerjakan rumah untuk renovasi tukang dengan kontraktor? Pastinya memang semua ada plus minusnya. Ketika Anda memilih kontraktor, tentunya alur dan semua pekerjaanya lebih jelas, sebaiknya Anda memastikan bahwa kontraktor yang Anda pilih sudah berpengalaman dan profesional. Jika tidak, maka akan terjadi ketidakefisiensian dalam proses renovasi rumah Anda. Sudah kena harga mahal, hasilnya gak optimal pula.

Ketika Anda memutuskan untuk memilih tukang, tentunya akan ada negoisasi harga yang lebih murah dibanding kontraktor. Memang sih Anda harus memilih dan menfilter tukang yang terpercaya plus profesional juga. Namun dari sisi biaya tentu lebih hemat menggunakan jasa tukang freelance di bandingkan dengan sistem pekerjaan dengan sistem kontraktor. Up harga jauh lebih murah di banding Anda mencari tukang sendiri.

Cara Renovasi Rumah
Cara Renovasi Rumah
  1. Gunakan Sistem Harian, Bukan Borongan

Selanjutnya untuk melakukan sebuah penghematan dalam upah tenaga kerja, Anda bisa memilih sistem harian di bandingkan dengan model borongan. Sekali lagi semua tentu ada kekurangan dan kelebihan. Jika Anda ingin cepat tanpa mempermasahkan biaya tentunya sistem borongan akan lebih bagus. Sebaliknya jika Anda ingin hasil pekerjaan lebih bagus dan halus, sistem harian lebih di saranakan. Kenapa? Selain untuk kualitas pekerjaan lebih bagus, tentunya Anda juga bisa mengatur pengupahannya. Biasanya bisa di atur mingguan ketika Anda memilih tenaga kerja dengan sistem harian. Ini juga lebih fleksible terhadap pengaturan keuangan Anda. Satu lagi yang perlu diingat ketika Anda memilih pekerja harian, pastikan tukang Anda bekerja dengan baik karena tak jarang mereka mengakali kita dengan cara mengulur-ulur waktu pekerjaan. Bisa jadi sebuah pekerjaan yang sewajarnya bisa di kerjakan 5 hari di ulur-ulur menjadi 7 hari. Tentunya kondisi ini secara tak langsung akan melejitkan pos ongkos tukang Anda.

  1. Lakukan Secara Mandiri Belanja Anda

Catatan yang terakhir dari Saya ketika Anda ingin merenovasi rumah dengan cara hemat dan murah adalah dengan melakukan aktifitas belanja material bangunan dengan mandiri.Kenapa ini penting? Bukan hal yang aneh ketika Anda memilih untuk belanja sendiri akan terjadi sebuah negoisasi diskon atau potongan harga saat pembelian material tertentu. Atau juga Anda bisa memilih toko bangunan yang menyediakan angkutan kirim gratis bagi pelangganya. Tentu pola fikir ini akan jauh berbeda dengan Anda menyuruh orang lain atau tukang Anda dalam membeli material. Mind setnya mungkin bisa saja berbeda dengan Anda ketika Anda mentargetkan untuk mendapatkan bahan material dengan harga yang pantas. Ide sederhana ini secara tak langsung bisa menjadikan Anda lebih hemat dalam membeli bahan bangunan. So, pastika Anda melakukan belanja mandiri untuk mencari harga yang paling murah. Bisa juga Anda membandingkan 3 hingga 4 toko untuk mencari harga terbaik untuk toko bangunan disekitar rumah Anda.

Itulah tulisan sederhana dari kami tentang bagaimana melakukan cara yang terbaik dan murah untuk melakukan renovasi rumah. Semoga tulisan ini memberikan manfaat bagi Anda ketika mencari tips murah dan hemat dalam melakukan renovasi rumah milik Anda.