Cara Menjadi Makelar Tanah dan Rumah

Sponsored Links

Cara Jitu Jadi Makelar Tanah

Menjadi makelar tanah? Menjadi calo jual beli tanah? Menjadi mediator jual beli tanah dan rumah? Hemmm…jalan mencari rezeki memang bisa seribu satu macam Bro! Jika Anda berminat mencari rezeki dengan menjadi makelar tanah, tentunya cukup bagus itu. Selain caranya cukup mudah dan gampang, menjadi makelar tanah sebuah adalah pekerjaan yang simpel dan nyaris tanpa modal.

Makelar tanah itu merupakan bahasa yang sedikit lebih kasar jika di bandingkan dengan agen tanah, agen properti, serta mediator jual beli tanah. Namun pada dasarnya, cara kerja kedua profesi tersebut adalah sama, mempertemukan antara penjual dan pembeli. Agen properti sebetulnya mempunyai tugas yang mulia, mempertemukan antara penjual dan pembeli, memediasi anatara orang yang memerlukan tanah dengan orang yang hendak menjual tanah. Jika agen properti, bermainnnya lebih halus, lebih sopan dan beretika. Namun persepsi makelar tanah cenderung masih negatif dan belum bisa berkesan positif di masyarakat, meskipun cara kerja keduanya memang sama-sama sebagai perantara terjadinya jual beli tanah.

Kenapa profesi makelar tanah lebih berpersepsi negatif di masyarakat dibandingkan dengan agen properti? Karena kadang memang  makelar properti suka mark up harga tanah sesuka hati dengan objek tanah yang sedang dijual, diperantarai. Kadang makelar tanah seenak udelnya sendiri,  tak tahu dan tak mengerti dengan aturan-aturan hukum jual beli properti. Tak peduli dengan hukum, berapa komisi yang wajib dia terima, berapa komisinya. Pokonya komisinya mau gede saja, pokoknya mau untung banyak saja, tak pernah berfikir bahwa yang punya tanah juga perlu untung, yang beli juga mau diuntungkan. Kondisi-kondisi yang semcam inilah mungkin yang menjadikan kurang nggehnya masyarakat dengan profesi makelar. Namanya mekelar kadang suka palak sana dan sini. Meminta jatah dari pembeli dan dari penjual. Sehingga kelakuan-kelakuan yang kurang pas inilah yang kadang menjadikan profesi makelar tanah kurang bagus di mata masyarakat.

Cara menjadi makelar tanah dan rumah
Cara menjadi makelar tanah dan rumah

 

Tata Cara Menjadi Makelar tanah

Cara untuk menjadi makelar tanah sebetulnya cukup simpel dan mudah. Lho kok bisa? Ya, tentu saja bisa! Jika Anda ingin menjadi makelar tanah, pertama kali yang harus Anda lakukan adalah mencari daftar atau istilah kerennya listing orang yang sedang ingin menjual propertinya. Properti disini dalam arti luas ya, bisa tanah, sawah, bisa ruko, bisa rukan, bisa apartemen, pokoknya segala sesuatu yang berhubungan dengan aset barang tak bergerak. Jadi silahkan di daftar sebanyak-banyaknya di daerah, di wilayah dekat Anda. Memang idealnya untuk menjadi makelar tanah, komoditi yang paling mudah adalah mencari tanah yang hendak dijual adalah tanah yang ada di sekitar Anda. Semua daftar ini anda kumpulkan, Anda listing menjadi daftar database Anda. Jadi inilah modal Anda jualan, database orang yang hendak menjual tanah. Masih ingat dengan filsafat, knowledge is power! Jadi jadikan semua informasi berharga ini menjadi database pemasaran properti Anda.

Jika Anda sudah mendapatkan databese ini, tinggal Anda mencari pembeli. Bagimana caranya? Cara untuk mencari pembeli tanah adalah dengan beriklan. Ya, kenapa harus beriklan, ini adalah salah satu cara yag paling mudah menjaring calon pembeli yang potensial. Jika zaman dulu, Anda bisa beriklan di media offline semisal koran lokal, surat kabar dan sebagainya. Namun untuk hari ini, Anda bisa berjualan online, promo online dengan listing barang dagangan Anda.

Anda bisa promo online melalui facebook, bisa melalui bbm, twitter, instagram, path dan seterusnya. Jika Anda ingin bermain lebih profesional, bisa juga membuat blog atau website yang berkaitan dengan jual beli properti. Blog tersebut berisi semua listing tentang properti yang akan di jual si seluruh Indonesia. Jika Anda masih belum punya skill di situ, Anda juga bisa mendaftar ke situs jual beli online yang khusus untuk iklan dan jual beli properti. Banyak kok sekarang! Bahkan gratis! Tinggal daftar disitu, kemudian Anda pasang daftar tanah dan properti yang ingin Anda jual. Hanya seperti itu saja kerjanya? Ya, hanya seperti itu saja, cari listing pasang iklan, cari listing pasang iklan. Begitu seterusnya! Lakukan dengan sabar dan terus berururutan. Jika Anda sudah datang hokinya, tentu akan ketemu dengan calon pembeli yang cukup potensial dan bagus kepada Anda. Tinggal Anda asah ketrampilan negoisasi, Anda asah dalam hubungan personal yang bagus untuk melakukan akad jual beli dengan calon pembeli potensial Anda.

Meskipun pekerjaan Anda hanya seperti ni, namun sangat potensial menghasilkan income hingga jutaan rupiah. Anggap saja komisi Anda dalam satu transaksi 1,5 % dari nominal 1 Milyar, maka fee (komisi) yang wajib Anda terima adalah sebesar 15 juta Rupiah. Sebuah Angka yang cukup Woow! Angka yang cukup fantastis ketika Anda bekerja tanpa mengeluarkan uang yang banyak untuk modal. Jika bercerita tentang komisi! Bayangkan jika Anda deals dalam satu transaksi 3 komplek perumahan harga satu milyaran. Bisa di hitung berapa hak komisis Anda. Kisaran diangka 45 Juta Rupiah jika Anda bisa menjual dengan nila transaksi 3 Milyar. Itulah enaknya dan asiknya jual beli properti yang berperan sebagai meditor, berperan sebagai makelar tanah. Gimana, tertarik menjadi makelar tanah? Silahkan belajar terus untuk maju dan sukses menjadi makelar properti di kota Anda.