Cara Mendapatkan Asuransi Kebakaran Rumah dan Properti Yang Bagus

Sponsored Links

Cara Mendapatkan Asuransi Kebakaran Rumah dan Properti Yang Bagus

Untuk mendapatkan asuransi kebakaran rumah dan properti yang bagus gampang-gampang susah. Tidak hanya manusia, kini rumah pun juga membutuhkan asuransi. Karena rumah adalah salah satu aset yang berharga, dan tidak lepas dari aneka faktor resiko contohnya kebakaran. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memiliki asuransi kebakaran untuk perlindungan rumah. Pengertian dari asuransi kebakaran rumah yaitu asuransi yang akan memberikan perlindungan pada rumah dari resiko kebakaran yang mungkin terjadi. Dengan pembelian produk asuransi kebakaran rumah, Anda mendapatkan ganti rugi apabila suatu saat terjadi kebakaran di rumah Anda. Beban karena kebakaran rumah yang tidak dikira tersebut akan menjadi lebih ringan dikarenakan sudah dicover asuransi. Pembangunan kembali rumah yang luluh lantak karena kebakaran membutuhkan biaya yang tidak sedikit, itu sama saja dengan biaya untuk membeli rumah baru. Jika Anda mempunyai tabungan cukup besar, mungkin ini tidak terlalu menjadi masalah. Namun, bagaimana bila tabungan Anda tidak punya dana yang cukup. Rumah merupakan properti vital, karena untuk tempat hunian keluarga Anda juga.

Asuransi Kebakaran Rumah
Asuransi Kebakaran Rumah

Banyaknya Penyedia Asuransi Kebakaran Rumah, Namun Mana Yang Bagus?

Zaman sekarang banyak perusahaan asuransi berlomba menawarkan aneka variasi produk asuransi kebakaran, konsumen pun diuntungkan karena banyaknya pilihan. Namun, Anda memerlukan teknik tersendiri dalam memilih perusahaan dan juga jenis asuransi yang bisa benar-benar memberikan perlindungan atau proteksi dari kebakaran pada rumah hunian Anda secara total.

Anda juga harus memperhatikan apa saja yang tercover oleh perusahaan asuransi kebakaran rumah. Kebakaran dapat terjadi karena bermacam hal, misalkan kebakaran karena kerusuhan, akan berbeda dengan kebakaran karena sambaran petir, kejatuhan pesawat, ledakan, jika dipandang dari sisi perusahaan asuransi. Anda harus menanyakan mengenai ini pada awal perjanjian.

Berikut beberapa cara mendapatkan asuransi kebakaran rumah yang bagus:

  • Perhatikan prosedur klaim dari produk asuransi kebakaran rumah tersebut

Pastikan pada waktunya nanti Anda tidak merasa kesulitan dalam pengurusan klaim, karena sewaktu-waktu bisa terjadi bencana kebakaran yang tidak diinginkan. Anda bisa meminta pendapat pada orang-orang yang lebih mengerti mengenai masalah ini.

  • Buat perbandingan antara sesama perusahaan penyedia asuransi kebakaran rumah

Supaya mempunyai pilihan, Anda sebaiknya membandingkan beberapa perusahaan penyedia produk asuransi rumah. Anda dapat mengambil keputusan yang terbaik dari membandingkan biaya, manfaat dari bermacam perusahaan asuransi kebakaran rumah tersebut.

  • Cari tahu bagaimana janji-janji prosedur produk asuransi rumah

Pastikan Anda tidak akan menemukan kesulitan untuk mengurus klaim saat hal tak diinginkan telah terjadi. Menanyakan pendapat orang lain yang mengerti mengenai masalah ini juga adalah ide bagus.

  • Keresmian perusahaan asuransi

Jika Anda masih ragu, Anda bisa melakukan pengecekan perusahaan asuransi tersebut, apakah sudah terdaftar di lembaga keuangan resmi atau tidak. Indonesia memiliki Bapepam-LK (Badan Pengawas Pasar Modal & Lembaga Keuangan) yang bertugas untuk mengawasi sistem operasional semua perusahaan asuransi. Perusahaan asuransi yang resmi juga harus menjadi anggota Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI). Anda bisa cek status dari perusahaan asuransi tersebut di kedua lembaga tersebut.

Jangan lupa Anda harus memperhitungkan nilai pertanggungan, di mana nilai pertanggungan ini yang akan diterima saat klaim. Perhitungan harus cermat sesuai dengan lamanya kontrak asuransi. Janganlah sampai terjadi saat Anda menerima uang pertanggungan, kenyataannya dana tidak bisa membiayai pembangunan rumah karena kebakaran. Jadi, jangan asal pilih asuransi kebakaran rumah yang bagus. Dalam memilih harus cermat, teliti, repot awal tapi nyaman belakangan.