Cara Memperbaiki Raport Kredit Jelek Di Bank Indonesia

Sponsored Links

Cara Memperbaiki Raport Jelek Di Bank

Ketikan Anda pinjam uang di bank untuk memenuhi pembiayaan Anda adalah hal yang wajar. Ada memang banyak alasan yang diajukan ketika Anda ingin meminjam uang di Bank. Anda yang untuk mengembangkan usaha, untuk membiayai perumahan, ada yang untuk memperbaiki rumah dan seterusnya. Namun ketika Anda mengajikan berbagai pinjaman ini akan terkendala jika Anda pernah memiliki raport yang kurang bagus di Bank Indonesia. Ya..ya.. ini adalah sebuah kendala ketika Anda hendak mengajukan kredit ulang atau mau meminjam di Bank. Karena memang jika punya raport yang tidak bagus, secara logika sederhana Bank tak akan mungkin mau mencairkan pinjamannya kepada Anda.

Namun jangan keburu risau jika Anda pernah masuk dalam catatan hitam (Blacklist) dari Bank Indonesia (BI). Semuaanya bisa diperbaiki, asal Anda tahu dan mengerti strateginya. So, dalam tulisan sederhana kali ini, Saya ingin berbagai kepada Anda, bagaimana cara memperbaiki raport yang jelak, raport merah Anda di Bank Indonesia. Inilah strategi yang harus Anda lakukan.

  1. Anda Paham Apa Itu 5C Untuk Pinjam Uang

Namanya juga meminjam uang, pastinya ada persayaratan tertentu agar Anda dinilai layak untuk meminjam uang di Bank. Ya, pastinya Bank mempunyai standart untuk penilaian, apakah Anda layak di pinjami uang atau belum. Nilai standart atau syarat ini biasanya lebih enak di sebut dengan istilah 5 C. Apa itu 5C?

5C, adalah Capacity, Character, Collateral, Condition dan Capital. Ini adalah standart penilai paling sederhana dari Bank Indonesia ketika Anda hendak meminjam uang di Bank. Semua persyaratan ini wajib Anda penuhi. Jika sudah oke, maka Anda tinggal mengajukan kredit ke Bank yang Anda inginkan. Semua catatan tentang raport ini memang dicatat oleh Bank Indonesia. Mulai dari kekuatan bayar Anda, hingga skor Anda yang dinyatakan satu hingga lima.

bank-indonesia

  1. Mengunjungi Gerai Bank Indonesia

Anda bisa memulihkan nama atau record Anda yang kurang bagus di Bank Indonesia. Silahkan untuk mendatangi Bank Indonesia untuk memulihkan raport Anda yang kurang bagus sebelumnya. Silahkan membanwa beberapa dokumen KTP atau Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS) yang diperlukan untuk memperbaiki raport ini. Jadi bukan harga mati, ketika raport Anda jelek, tak bisa diperbaiki.

Jika Anda tak bisa datang langsung ke Bank Indonesia, alternatifnya adalah Anda bisa juga mengungah dengan cara online dokumen ini. Silahkan Anda mengunjungi gerai resmi Bank Indonesia www.bi.go.id. Dan setelah Anda memperoleh jawaban via email dari Bank Indonesia, hasil cetaknya bisa Anda ambil di Bank Indonesia atau Gerai Info BI.

Jika yang Anda laporkan adalah berupa badan usaha, maka dokumen yang diperlukan adalah FC Identitas Badan Usaha, FC identitas yang asli dari pengurus badan usaha dengan menggunakan surat kuasa asli dari pengurus atau yang mewakilinya, fc identitas badan usaha dan KTP pemberi serta yang menerima kuasa.

  1. Mengurus Raport Anda

Setelah Anda diperiksa dengan Bank Indonesia dan nama Anda masuk dalam database atau badan usaha yang Anda urus masuk dalam database maka langkah selanjutnya adalah mengurus raport Anda di Bank Indonesia di jalan Sjarifuddin Prawiranegara. Adalah calon Debitur (Anda atau Badan Usaha) akan mengerti raport kredit dari formulir yang telah Anda lengkapi. Selanjutnya Anda wajib memperbaiki raport tersebut.

  1. Meningkatkan Nilai Raport Menjadi Peringkat Pertama

Semisal raport kredit Bank Indonesia Anda ada diperingkat ke 3, maka terjemahannya adalah Anda masih belum melunasi hutang Anda. Maka jika Anda ingin memperbaiki raport Anda, segera lunasi hutang Anda. Pelunasan ini bisa Anda lakukan dengan kalkulasi serta jangka waktu pembayaran dengan Bank yang Anda pinjam uang.

Jika Anda badan usaha  yang semisal peringkat lima, maka Anda harus melunasi hutang Anda, maka dengan otomatis setelah 3 bulan peringkat Anda akan naik menjadi 3.

strategi-kredit-bank-indonesia

Pastikan Anda Bertanggung Jawa Dengan Perbaikan Rapot Ini

Dengan melihat 4 cara diatas, sebetulnya Anda tidak susah untuk memperbaiki Raport jelek Anda di Bank Indonesia. Ini adalah tanggung jawab Anda dalam memperbaiki raport rekord pinjaman Anda. Diperlukan sebuah itikad baik untuk melunasi hutang-hutang Anda. Hasilnya secara otomatis Anda akan keluar dari daftar hitam (blacklist) dari Bank Indonesia, sehingga Anda bisa dipercaya kembali untuk melakukan pinjaman/kredit.