Cara Memilih Batu Bata Merah

Sponsored Links

Tips Memilih Batu Bata Merah

Ketika Anda hendak membangun rumah tentunya aan berfikir, bahan baku yang Anda gunakan menggunakan dinding batu bata, batu press, batako, atau bahan materila lainnya. Tentunya beda bahan akan beda pula hasil yang akan Anda nikmati ketika sudah menjadi rumah. Beda bahan baku untuk dinding, entah batako atau batu merah tentunya daya serap untuk menahan panas matahari yang terik akan berbeda. Ya..ya..namanya juga bahan material bangunan, beda harga tentunya juga beda kualitas.

Oke, dalam tulisan sederhana kali ini, Saya ingin berbagi kepada Anda tentang plus minus batu bata merah duluan, sebelum Anda memutuskan, apakah menggunakan batu bata merah atau bahan material yang lainnya. Beikut ini daftar kelebihan dan kekurangan batu bata merah yang telah Saya rangkum dari hasil berbagai informasi yang telah di Googling.

Kelebihan Batu Bata Merah

  1. Tahan Api

Inilah keunikan dan keeksotikan dari material batu bata merah jika Anda pilih sebagai tembok bangunan milik Anda. Batu bata merah tentunya jika terkena api sangat kuat, alias tidak mudah terbakar jika Anda bandingkan dinding dari bahan kayu. Dari sisi fisik saja sudah terbuat dari tanah liat, tentunya jika terkena api, terbakar akan lebih tahan dibandingkan dengan dinding kayu. Kekuatan ini mungkin hampir semua orang faham dan mengert, tentunya saja tak akan menjelaskan lebih detail tulisan ini soal kehebatan batu bata merah menahan dan tahan api.

  1. Strukturnya Lebih Bagus di Bandingkan Batako

Sebetulnya nenek moyang kita dulu ketika membangun rumah lebih dulu kenal bata merah ketimbang kenal dengan batako. Jika Anda lihat bangunan-bangunan masa lampau semisal bangunan zaman Belanda, tentunya Batako lebih keren dan sempurna dibandingkan batako. Bahkan batu bata merah sudah dikenal sejak zaman Majapahit. Tentunya bukan sebuah alasan yang remeh ketika batu bata merah dijadikan prioritas utama dalam membangun rumah. Entah untuk dinding, untuk pagar, untuk candi dimasa lalu, orang sudah mengenal dengan baik keistimewan penggunaan batu bata merah. Material Batako ada sebetulnya juga baru beberapa tahun belakangan ini.

Namun karena faktor efisiensi, kecepatan batako kayaknya sudah mulai trend digunakan oleh masyarakat kita. Kelebihan batako memang jauh sebetulnya jika dibandingkan dari sisi kualitas dan kekuatan. Namun secara kasat mata menurut Saya batu bata merah lebih unggul dari sisi struktur, bahkan juga tampilan rumah menggunakan batu bata lebih enak dipandang dibandingkan batako.

  1. Lebih Artistik Dibandingkan Material Lain

Ketika Anda ingin rumah dengan penampilan yang lebih berseni menggunakan batu bata merah, tentunya lebih asik dan eksotik menggunakan batu bata merah. Lihat saja rumah dengan menggunakan seni ekpose, mereka bahkan dengan sengaja membiarkan rumah mereka di bangun tanpa memplester dinding mereka. Karena memang ingin menunjukkan untuk sisi ekstik dan merah yang keren batu merah tersebut. Tentunya akan sangat jauh jika dibandingkan batako, batu hebel atau material lain jika digunakan untuk membuat tembok atau dinding.

  1. Lebih Adem Di Bandingkan Material Lainnya

Ini kelihatan sederhana namun memang begitulah adanya. Jika Anda membangun rumah dengan menggunakan batu bata merah, dan Anda tinggal di negara jiran Malaysia, disana penulis pernah tahu sendiri, rumah yang menggunakan material batu bata lebih mahal di bandingkan dengan yang menggunakan batako. Karena disana iklimnya yang tropis berarti memang puanas bingitz…! Pastinya diperlukan rumah yang adem untuk rumah tersebut. So, dengan keadaan ini rumah dengan material batu bata memang mempunyai kelebihan dalam hal menyerap panas, sehingga rumah dengan bata merah lelbih adem, karena memang mampu menetralisir atau menyerap hawa panas dari luar rumah. Sebaliknya ketika musim hujan, rumah menggunakan batu bata juga lebih oke, menetralisir dingin malam yang menggigit. Tentunya cukup fleksibel rumah yang dibangun dari batu bata merah dibandingkan dengan rumah yang dibangun dengan batako atau material lainnya semacam batu hebel.

  1. Lebih Mudah Dalam Proses Pemasangan

Kelebihan lain yang dipunyai material batu bata merah adalah jenis bata merah ini memang mudah sekali untuk diikat, dipasang menjadi tembo atau pagar rumah. Tentunya dengan kemudahan ini tak diperlukan keahlian yang khusus untuk memasangnya. Tukang yang kelas kampung pun bisa memasang, menata batu merah untuk dinding atau tembok rumah.

Batu Bata Merah (Illustrasi)
Batu Bata Merah (Illustrasi)

Kekurangan Material Batu Bata Merah

Membangun rumah dengan batu bata merah memang cukup bagus, elegan, mudah dipasang namun bukan berarti batu bata merah tak mempunyai kekurangan. Inilah beberapa kekurangan material bata merah ketika Anda memilihnya sebagai bahan bangun milik Anda.

  1. Jika Tukangnya Abal-Abal Tetap Kurang Rapi, Kalau Ngawur Memasanganya

Ini adalah salah satu kekurangan ketika Anda memilih batu bata sebagai bahan material utama. Jika Anda memilih batu bata dan tukang Anda kurang begitu ahli, tentunya akan berkesan berantakan. Apalagi jika Anda menggunakan ide rumah ekpose, tentunya akan lebih jauh dari nilai seninya. Batu bata jika mau di ekpose harus rapi, tidak boleh penceng-penceng (miring kiri, miring kanan), jadi harus sempurna. Jika hal-hal simpel ini Anda langgar saat proses pemasangan nicaya rumah Anda akan terihat kurang elegan.

  1. Boros Semen, dan Material Pendukung Lainnya Semisal Pasir

Untuk merekatkan batu bata merah satu dengan yang lainnya, tentunya diperlukan sebuah perekat yaitu adonan semen yang dicampur pasri. Karena bahan utama batu bata merah cenderung kecil, tentunya akan sedikit lebih banyak dalam penggunaan semen dan pasir. Ini cukup berebeda dengan material batako ataupun batu hebel, yang bentuk dan ukurannya lebih jumbo. Sehingga ketika dipasang akan lebih hemat pasir dan semen. Hal sederhana ini jika hanya untuk ukuran rumah type sederhana belum kerasa, namun jika Anda membangun dengan ide desain dua lantai akan terasa banget perbedaanya.

  1. Jika Kurang Rata Dibuat Dinding, Saat Di Plester Harus Tebal

Salah satu kekurangan batu bata merah adalah akan memboroskan pasir, dan semen ketika hendak diplester akibat tukang ketika memasang, mengikat batanya miring ke kiri dan miring kekanan. Jika tidak garis lurus, tentunya ketika hendak diplester banyak sekali memakan pasir, acian semen karena untuk meratakan sisi kiri dan sisi kanan. Ini adalah salah satu kelemahan bata merah ketika tukang yang memasangnya kurag ahli, Jadi akan terjadi pemborosan pemakain material pasir dan semen.

  1. Proses Pemasangan Membutuhkan Waktu Lebih Lama, Karena Ukurannya Yang Mini

Ini juga salah satu kekurangan menggunakan material bata merah sebagai bahan bangunan. Karena bentuknya yang mungil menjadikan rumah dengan batu bata merah cenderung lebih lama dalam proses pemasangan. Jadi secara tak langsung jika Anda menggunakan upah harian akan terjadi pembengkakan biaya tukang. Namun akan sedikit berbeda dan mudah ketika Anda memilih tukang dengan material yang lebih besar semisal batako atau batu hebel.

  1. Jika Anda Membangun Dua Lantai Kurang Pas, Karena Banyak Penyangga Kolom

Jika Anda membangun rumah dua lantai, sebetulnya Anda memiliki kekurangan jika di bandingkan dengan bata hebel atau batako. Ada kecenderungan menggunakan bata merah kurang kuat, kurang mantap, karena harus memabntu menyangga beban dari kolom untuk dua lantai. Tetapi ini sifatnya masih subyektifitas, tergantung dari selera Anda masing-masing. Jika Anda mantap dengan batu bata tentu juga begitu masalah-maslaah banget, toh juga menggunakan batu bata juga lumayan bagus untuk kekuatan bangunan, meskipun lebih afdol menggunakan bata hebel atau material lainnya semacam batako.

Jadi kesimpulan Saya sederhana, memilih bata merah untuk bahan bangunan tetap mempunyai nilai lebih jika di bandingkan dengan bahan material lainnya semisal batako atau batu hebel. Tentunya pilihalah yang paling sesuai dengan kemauan dan selera Anda.