Cara Melakukan Pengecatan Ulang Dinding Rumah Yang Benar

Sponsored Links

Cara Melakukan Pengecatan Ulang Dinding Rumah Yang Benar

Memiliki rumah dengan cat yang sudah terlihat usang, berarti harus melakukan pengecatan ulang. Yach, selain untuk kenyamanan penghuni rumah juga berfungsi untuk memberikan penampilan yang terbaik untuk rumah Anda. Memang sih kesan menarik dan tidak menarik rumah, salah satu point yang penting adalah pewarnaan cat rumah itu sendiri. Ketika Anda mempunyai bangunan yang bagus namun warna catnya sudah pudar tentu akan memberikan kesan rumah tua dan kusam bagi rumah Anda sendiri. So, mau tidak mau Anda harus melakukan pengecatan ulang untuk rumah Anda sendiri.

Mengecat rumah memang tidak harus selalu menyuruh tukang cat untuk mengerjakan pekerjaan pengecatan ulang rumah Anda. Jika Anda mau, Anda pun bisa melakukan pengecatan secara mandiri untuk rumah milik Anda. Untuk soal hasil, Andapun juga tidak kalah bagus dengann tukang-tukang cat profesional, dengan syarat Anda tahu ilmu untuk mengecat rumah dengan baik.

Membersihkan dinding sebelum di cat ulang
Membersihkan dinding sebelum di cat ulang

Pada dasarnya, ketika Anda ingin mengecat rumah ada dua tips yang harus Anda tahu, yaitu mengecat rumah baru atau teknik mengecat rumah ulang. Kedua pekerjaan ini walaupun sama-sama mengecat namun akan sedikit berbeda perlakuan sebelum melakukan pengecatan. Adapun untuk teknik pengecatan ulang Anda bisa mempelajari teknik-tekniknya di bawah ini.

  1. Sebelum Anda memoleskan cat ulang ke dinding tembok, periksa dulu tembok apakah cat yang lama masih kuat melekat dengan bagus. Untuk mengetahuinya cukup sederhana yaitu dengan memoles air dengan kuas, tunggu beberapa menit. Jika ada gelembung-gelembung pada tembok Anda berarti tembok tersebut harus di sekrap ulang.
  2. Untuk memberikan hasil yang terbaik ketika menumpuk atau menimpa ulang warna cat yang sudah Anda, idealnya adalah dengan di amplas terlebih dahulu. Pekerjaan ini dilakukan untuk memberikan hasil yang terbaik dari polesan Anda nantinya. Hanya sebagai catatan, ketika Anda langsung menimpa ulang cat baru kedalam cat lama dan cat tembok yang lama kurang bagus, maka percuma, hasilnya tidak akan awet dan berkesan kurang rata. Tips sebelum melakukan pengecatan ulang dengan total, pastikan di cat dengan satu lapis untuk memberikan hasil yang optimal.

    Siapkan Peralatan Mengecat Ulang
    Siapkan Peralatan Mengecat Ulang
  3. Untuk dinding bagian luar jika tidak bisa dibersihkan dengan total, Anda bisa memoles ulang plamir sebelum mengecat ulang, pekerjaan ini bertujuan untuk memberikan hasil yang terbaik untuk mengecat bagian luar. Sedikit perbedaan perlakuan antara cat luar dan dalam karena biasanya cat rumah yang diluar cenderung lebih mudah terkena panas dan hujan sehingga tingkat kusamnya lebih cepat.
  4. Jangan lupa sebelum melakukan pengecata untuk membersihkan semua sisa-sisa kotoran yang menempel di tembok tersebut, seperti jamur, sisa minyak yang menempel di dinding, jamur dan lumut.
  5. Untuk memberikan hasil yang terbaik jika Anda ingin menimpa warna cat lama dengan model warna baru, idealnya dilakukan plamir ulang. Namun jikapun tidak diplamir Anda bisa menggunakan cat dengan kualitas yang bagus, sehingga memiliki daya timpa yang kuat. Jika Anda ingin mengganti warna secara ektrim, sebaiknya menggunakan rol ketika memoles ulang dinidng rumah Anda. Tujuannya adalah untuk memberikan hasil yang lebih merata serta halus didalam pengecatan rumah Anda.
  6. Inti utama dari pengecatan dinidng rumah untuk lama maupun baru adalah kebersihan dinding sebelum dicat. Pastikan Anda membersihkan dengan betul-betul bersih dinding yang akan Anda cat ulang. Misalnya Anda bisa menggunakan kain yang diberi air kemudian di lapkan untuk dinding yang akan dicat ulang tersebut.

Itulah tips sederhana untuk melakukan pengecatan ulang untuk dinding rumah Anda. Semoga tips sederhana ini bermanfaat bagi Anda.

Hasil pengecatan ulang yang bagus
Hasil pengecatan ulang yang bagus