Cara Aman Serta Nyaman Untuk Mengasuransikan Properti Anda

Sponsored Links

Properti adalah tempat Anda pulang, tentu Anda tidak mau terjadi apa-apa, karena jika semisal terjadi kebakaran, Anda akan kebingungan, terutama dengan biaya perbaikan yang selangit. Oleh karena itu, inilah pentingnya mengetahui cara mengasuransikan properti.

Pendahuluan Cara Mengasuransikan Properti

Kecelakaan properti merupakan hal yang menakutkan, namun dapat menjadi kenyataan. Total kerugian properti bisa mencapai jutaan rupiah, tidak hanya itu, keselamatan keluarga ke depannya juga terancam. Dengan asuransi properti, kebijakannya (policy) dari perusahaan asuransi maka Anda bisa menyelamatkan rumah Anda dengan membangunnya kembali, tentunya biaya kerugian akan diganti oleh perusahaan tempat Anda berlangganan asuransi. Berikut beberapa contoh kecelakaan yang bisa terjadi, misalnya gempa bumi, kebakaran, rumah roboh karena tiang penahan sudah terlalu lama dan bermacam-macam bencana kecelakaan tidak terduga lainnya. Sekarang sudah waktunya bagi Anda untuk mengevaluasi dan melihat asuransi properti. Pastikan asuransi properti Anda cukup untuk melindungi aset properti Anda dari bencana tak terduga.

Anda jangan bingung dengan value rumah Anda dan membandingkannya dengan value membangun kembali, karena itu semua sudah akan dihitungkan oleh perusahaan asuransi. Dan juga jangan terlalu memperhatikan pada bahan yang digunakan, di mana harga bahan yang digunakan menjadi lebih rendah dibandingkan waktu kecelakaan terjadi.

Asuransi properti
Asuransi properti

Cara Mengasuransikan Properti Itu Mudah

Jika sekarang Anda sudah memutuskan untuk mencoba mengamankan aset properti Anda dengan berlangganan asuransi, maka inilah caranya, mudah sekali kok. Teknis setiap perusahaan asuransi akan berbeda-beda, namun Anda tidak usah pusing, Anda tinggal datang ke kantor asuransi yang menyediakan proteksi properti, kemudian mendaftar, sisanya agen mereka akan membantu Anda. Atau, jika Anda memiliki teman yang bekerja di asuransi, terutama yang bekerja sebagai marketingnya, bisa coba Anda tanya. Yang terpenting adalah Anda harus rutin membayar preminya, jangan sampai bermasalah karena Anda telat membayar premi.

Perlu Anda tahu, saat mengajukan Kredit Pemilikan Rumah atau KPR, biasanya sudah termasuk asuransi. Jadi bila terjadi musibah rumah terbakar atau sejenisnya, BANK akan memberikan uang pertanggungan yang berasal dari asuransi, sehingga aset Anda aman, inilah cara BANK KPR melindungi aset miliknya.

Tanggapan Orang Mengenai Mengasuransikan Properti

Sebagian orang masih menganggap bahwa asuransi properti itu hanya memberatkan anggaran keuangan keluarga dan tidak diperlukan, padahal sebenarnya asuransi properti di Indonesia relatif murah apabila Anda membandingkan dengan pendapatan keluarga. Begini, premi asuransi properti itu dihitung berdasarkan per mil atau per 1.000 dari value pertanggungan. Coba Anda bandingkan dengan premi untuk asuransi mobil di mana perhitungannya berdasarkan persentase. Jadi, sewajarnya kalau semua orang dapat mengasuransikan propertinya.

Hanya sebagai informasi tambahan yang harus Anda ingat, perusahaan asuransi cuma mau menanggung resiko kerugian pada bangunan saja jadi tidak untuk perabotan. Untuk sampel, di daerah Jakarta, kisaran angka Rp. 3.000.000,00 hingga Rp. 5.000.000,00 per meter perseginya, di mana itu merupakan rata-rata dari harga bangunan Jakarta.

Selain asuransi perlindungan dasar yaitu kebakaran, Anda dapat menambah perlindungan properti lainnya dari perlindungan terhadap gempa bumi, banjir, pencurian, terorisme hingga putting beliung. Tentunya dengan pembayaran premi yang berbeda-beda juga.

Kini, keputusan terakhir ada di tangan Anda, apakah Anda hendak memilih tenang dengan mendaftar asuransi properti, dan membayar premi yang murah, ataukah Anda hendak khawatir dan was-was apabila terjadi kecelakaan seperti kebakaran dan lainnya? Sekian tentang cara mengasuransikan properti, semoga bermanfaat.