Bagaimana Menjual Tanah Agar Cepat Laku?

Sponsored Links

Bagaimana Menjual Tanah Agar Cepat Laku?

Anda punya tanah dan ingin laku cepat untuk dijual? Memang sih, menjual tanah memang gampang-gampang sudah. Semua ada seni dan lika-liku untuk melakukan deals or no deals untuk bertransaksi jual beli tanah ini. Kelihatan sangat mudah namun Anda memiliki aset berupa tanah yang ingin di jual dan belum laku-laku. Sebaliknya Anda tidak memiliki tanah, namun ada banyak orang mencari tanah di sekitar daerah Anda. Sesuatu yang sedikit cukup rumit antara pembeli dan penjual yang tentu saja harus ada kesesuaian-kesesuaian tertentu, ketika antara penjual dan pembeli memiliki dua keinginan yang berbeda-beda. Jadi ini adalah chemistry unik untuk perjodohan transaksi jual beli tanah. So, sebelum Anda ingin menjual tanah Anda dengan cepat, plus dengan harga yang memuaskan mari kita simak teori di bawah ini tentang bagaimana menjual tanah agar cepat laku.

Sebelum Anda jauh hendak menjual tanah yang Anda miliki, tentunya kenali dan pahami beberapa variable yang menjadikan tanah yang akan di jual memiliki nilai tawar yang tinggi. Yach, nilai-nilai plus yang berpotensi menjadikan nilai jual harga tanah Anda berlipat-lipat. Bukan saja memiliki nilai berlipat-lipat, tetapi juga menjadi buruan beberapa orang dengan model dan kondisi tanah yang Anda miliki. Ibarat itu Anda mau berpacaran, tanah yang Anda miliki bisa dianalogkan dengan cewek yang cukup cantik, manis dan menawan. Cewek tersebut selain memiliki penampilan dari luar yang menyenangkan plus menggemaskan juga memiliki inner beauty yang bagus, alias memiliki kecantikan dari dalam yang cukup membuat terpersona bagi sebagian orang. So, cewek secantik seperti itulah yang selalu menjadi incaran kaum hawa dan menjadi buruan kaum hawa. Bagi seorang cowok yang gentle dan memiliki nyali, ibaratnya pengorbanan apapun dan harus membayar dengan pengorbanan apapun seakan di jalani, demi mendapatkan sang cewek primadona tersebut. Sebetulnya analog tersebut juga sangat sama persis ketika Anda memposisikan model tanah Anda agar memiliki nilai tawar yang tinggi ibarat cewek yang cantk menawan tersebut. Jikapun untuk kriteria cewek yang seideal menurut Anda , penulis tidak usah bercerita yang aneh-aneh ke Anda, saya yakin pembaca lebih jago, haha

Jual Beli Tanah (Illustrasi)
Jual Beli Tanah (Illustrasi)

Tetapi untuk urusan tanah agar cepat lakunya, sayalah yang akan menguraikan yang terbaik untuk Anda. Haha cukup adilkan. Untuk urusan cewek sayalah yang lebih harus belajar ke Anda, namun urusan tanah sayalah pakarnya..hehe Ok, adilkan. Yach, tidak usah panjang lebar kemana-mana, saya akan bercertita faktor-faktor yang mempengaruhi nilai jual tanah menjadi tinggi dan menjadi incaran bagi sebagian orang.

  • Memiliki lokasi yang strategis
    Tempat strategis ibarat body yang sexy jika itu seorang cewek idaman.Ha.ha. Yach, ketika Anda memiliki lokasi tanah yang cukup strategis berarti Anda sangat potensial memiliki daya jual beli yang bagus. Variabel lokasi yang strategis ini sangat berguna jika seandainya Anda di posisi sebagai makelar tanah, calo tanah, mediator jual beli tanah atau bahasa yang lebih keren dikit biasa di sebut agen properti. Jadi ketika Anda diposisikan sebagai agen properti, point wajib untuk menjadikan sebuah daftar listing dagangan properti tanah yang hendak dijual, faktor memiliki lokasi yang strategis ini adalah syarat mutlak nomor satu. Ibarat Anda sebagai seorang marketer handal, point lokasi tidak jauh beda dengan istilah product jika itu mengacu kepada ilmu dasar marketing di dalam jual beli tanah. So, produk yang berkualitas dan Anda bertemu dengan orang yang cocok dengan DNA Anda, tinggal sedikit negoisasi plus polesan rayuan yang sedikit maut, tentu transaksi jual beli tanah akan dengan cepat di proses.

Pertanyaan sederhana, siapa sih yang tidak menginginkan memiliki lokasi tanah yang strategis? Siapa orang yang tidak kepencut dengan tanah di tempat feng shui yang bagus. Semua orang pasti menginginkan dan mengincarnya, so ketika Anda berkeinginan untuk investasi proerti dan tanah Anda ingin segera laku kembali, atau dengan mudah dan cepat untuk dijual kembali, pilihlah point lokasi yang strategis. Sesusah-susahnya menjual tanah di lokasi strategis tentu lebih susah lagi menjual lokasi tanah yang berlokasi kurang strategis. Jadi PR pertama yang harus Anda ingat adalah lokasi yang strategis.

  • Mempunyai legalitas tanah yang jelas
    Jual beli tanah?Yach, jual beli komoditas yang tidak sama dengan jual beli barang-barang consumer good. Jual beli tanah sangat jauh berbeda dengan jual belinya pedagang lombok di pasar subuh. Jual beli lombok asal pembeli dan penjual sepakat dengan harga bisa mengalihkan barang tersebut dengan cepat. Namun untuk urusan jual beli tanah, akan sungguh ribet jika urusan legalitas dasar tanah tersebut tidak jelas. So, ketika Anda ingin menjual tanah Anda dengan cepat, pastikan surat-surat yang Anda miliki dengan tanah tersebut jelas. Jelas disini bisa di artikan bermacam-macam. Tanah tidak jelas bisa berarti tanah tersebut dalam posisi dijaminkan ke pihak lain seperti bank. Tanah dalam status gak jelas bisa jadi masih dalam sengketa antara ahli waris. Tanah bermasalah bisa jadi tanah tersebut memiliki legalitas yang ganda, alias sertifikat palsu. Tanah tida bisa di jual adalah tanah yang hak dan batas-batas tanah tersebut masih remang-remang. Pokoknya jika di jabarkan dengan status legalitas yang tidak jelas bisa 1001 macam permasalahan didalam satu tanah. Sedikit rumit memang jika berurusan dengan tanah ini. So, salah satu kunci utama ketika Anda menginginkan tanah Anda cepat terjual adalah memastikan surat-surat tanah yang ingin Anda jual, berstatus jelas secara legalitas hukum. Jika bersertifikat, sertifikat tanah tersebut jelas atas nama pemilik dan legalitas pendukungnya seperti pajak atas tanah tersebut. Bisa jadi tanah berstatus sudah jelas dengan legalitas sertifikat, namun ternyata masih dalam kuasa bank sebagai barang agunan. Posisi tanah yang sepeeri ini untuk di proses jual beli pasti sedikit lebih ribet jika dibandingkan dengan tanah yang tidak dalam jaminan pihak lain.
  • Jika itu berupa tanah kosong, pastikan untuk di pagar agar memiliki tingkat keamanan yang menjamin
    Point yang ketiga ini adalah tidak mutlak. Namun jika Anda memiliki kondisi yang seperti ini, bisa dipastikan bahwa tanah yang akan Anda jual berpotensi cepat laku dibandingkan dengan tanah yang kosongan tanpa pembatas yang jelas. Inti dari dibuatnya pagar adalah semacam jaminan keamanan bahwa tanah tersebut memang betul-betul kita yang menguasai. Anda mungkin banyak tahukan, ada tanah yang secara legalitasnya sudah sangat jelas dan memiliki ukuran yang jelas, namun tanah tersebut memiliki ukuran yang lebih sempit dari ukuran yang tertera di sertifikat tanah tersebut. Kondisi seperti ini cukup potensial menimbulkan masalah di kemudian harikan? Jika Anda memiliki posisi tanah yang tidak beres ini (terutama untuk batas-batas di sekitar tanah Anda) tentunya untuk mempercepat proses laku atau tidak lakunya juga akan menghambat. Yach, betul Indonesia adalah negara hukum, namun pertanyaannya, apakah betul-betul lembaga hukum berpihak kepada kita, ketika terjadi sesuatu dengan posisi dan permasalahan pada tanah kita tersebut.
  • Harga tanah yang wajar jika dibandingkan dengan tanah di sekitar Anda
    Point berikutnya yang menjadikan tanah yang hendak Anda jual cepat laku atau tidak adalah soal harga. Wajar dong, calon pembeli tanah yang Anda miliki mencari-cari informasi tentang harga pasaran disekitar rumah atau tanah yang Anda miliki. Mereka bertanya setidaknya mengharapkan untuk tahu perbandingan, apa tanah yang akan Anda jual terlampu mahal apa tidak. Harga suatu tanah memang tidak ada ukuran dan barometer tertentu, namun setidaknya ketika Anda mengetahui harga sekitar berarti juga tahu harga yang wajar dan rasional untuk tanah yang ingin Anda jual.

Yach, ketika ngomong tanah, pasti akan muncul suatu transaksi yang akan muncul harga yang tidak rasional. Semisal harga pasaran tanah milik Anda ketika beli masih 300 ribu rupiah permeter, namun karena akan ada proyek jalan tol di sekitar tanah yang Anda miliki, pasarannya tanah langsung melonjak 1 juta rupiah per meter. Ini sangat masuk akal bukan??? Jadi ukuran yang pasti untuk harga tanah masih tidak ada, semua tergantung penawaran dan permintaan. Jadi ketika Anda memiliki tanah, dan ingin menjual dengan harga yang kelewat mahal dengan tetangga kiri kanan Anda, dan tidak ada faktor yang ajaib yang menjadikan harga tanah Anda istimewa. Maka jangan harap tanah yang hendak ingin Anda jual cepat laku. Pasti calon pembeli akan membanding-bandingkan dengan harga tanah di sebelahnya.

Harga tanah wajar dan tidak wajar ini bisa juga dipengaruhi karena permintaan dan penawaran. Semakin banyak orang yang menginginkan tanah milik Anda, berarti potensial harga tanah yang wajar milik Anda sudah terabaikan lagi, apalagi berada di lokasi yang strategis. Pasti jika kondisi emas ini Anda alami, harga tanah sekitar sudah bukan menjadi patokan lagi, namun faktor supply and deman inilah yang menentukan.