Aplikasi Penggunaan Soft Furnishing Untuk Penutup Kursi, Tirai, dan Karpet

Sponsored Links

Jika Anda belum tahu betul untuk apa sih soft furnishing? Berikut ini akan kami beri gambaran mengenai apa saja yang bisa di aplikasikan soft furnishing. Pasti Anda sudah akrab dengan varisasi bahan yang kerap kali digunakan sebagai penutup atau pelapis ini.  Mulai yang terbuat dari kain dengan ragam tekstur yang berbeda hingga yang terbuat dari kayu yang diolah dengan sedemikian rupa.

Apa Saja Yang Bisa Diberi Soft Furnishing?

Sebagai teknik menutup serta melapisi furniture, soft furnishing bisa diaplikasikan ke perbagai perabot rumah. Berikut ini beberapa furniture yang bisa di hiasi menggunakan soft furnishing:

  • Penutup Kursi

Untuk membuat kesan lebih manis serta elegan kursi dirumah Anda, diperlukan penutup kursi atau pelapis. Jika kursi Anda terbuat dari bahan material kayu, untuk memberikan kesan lunak dari kerasnya kayu Anda bisa memberikan peutup dari kain dengan pola tertentu. Pilihlah bahan yang memberikan kesegaran baru pada tampilannya.

Model penutup kursi mengalami pergerakan mode dan desain yang cukup cepat. Mungkin beberapa tahun yang lalu kita hanya mengenal penutup kursi dengan kain seadanya. Kesan yang ditampilkan zaman dulu adalah sederhana dan simple.

Aplikasi soft furnishing ini sangat bagus sebagai penutup kursi, kesan elegan akan berkesan sangat khas jika kursi Anda dikasih aksesoris dengan sentuhan soft furnishing.

Soft furnising untuk bantal kursi
Soft furnising untuk bantal kursi
  • Tirai

Ketika kita membicarakan tirai, Anda pasti setuju bahwa tirai memiliki fungsi yang cukup diperlukan dalam sebuah rumah. Tirai berguna untuk melindungi bagian dalam bangunan dari sinar matahari yang berlebihan. Tirai juga berfungsi untuk melindungi penglihatan orang yang berada diluar rumah dengan isi rumah kita.

Point yang harus diperhatikan ketika Anda hendak mendesain sebuah tirai yaitu supaya menyesuaikan bentuk bukaan jendelanya-serta bahan pembuat tirai. Ada banyak pilihan jenis bahan yang bisa di gunakan untuk tirai-tergantung dengan selera serta kesan interior seperti apa yang ingin ditampilkan.

Berikut beberapa point yang perlu diperhatikan ketika hendak membeli tirai:

  1. Sebelum membeli bahan, ukurlah terlebih dahulu jendela yang akan di pasang dengan tirai serta tentukan model tirai yang diinginkan. Jangan samapi bahan yang Anda beli kebanyakan alias terlalu panjang ataupun kurang.
  2. Desain kesan yang ingin Anda tampilkan berkenaan dengan tirai yang akan Anda pasang. Sebagai bahan ilustrasi, misalnya Anda ingin memasang bahan tirai untuk ruang tamu yang ingin menampilkan kesan klasik namun elegan, bahan tafeta bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, misalkan Anda ingin mendesain tirai Anda dengan nuansa anak cewek, maka Anda bisa memilih bahan dengan nuansa ceria atau pink. Untuk pilihan desain ini gunakan bahan yang tebal serta gunakan warna-warna yang kontras atau bertabarakan untuk menggambarkan kesan ramai.
  3. Ketika memilih bahan tirai, juga diperhatikan untuk perawatannya nanti. Jika Anda memutuskan memilih bahan yang memerlukan perawatan tinggi, nantinya Anda juga siap-siap untuk selalu merawatnya dengan ekstra, jika tidak maka cepet usanglah tirai kesayangan Anda.
  4. Dalam memasang tirai gunakan jadwal berapa lama seharusnya tirai di ganti. Karena jika tidak, tirai akan terkesan kumal, berdebu dan kurang indah dipandang mata karena minimnya perawatan.
  • Karpet

Ketika sebuah ruangan diberi hamparan karpet, maka akan memberikan kesan mewah dan elegan terhadap ruangan tersebut. Kehadiran karpet di ruang Anda akan memberikan nuansa dan sensasi yang berbedatergantung bahan serat motifnya.

Karpet biasanya di gunakan diruang keluarga, ruang tamu, atau kamar tidur tergantung selera Anda. Dampak positif penggunaan karpet adalah memudahkan diri kita untuk memberishkan ruangan tersebut.

Ada sebagian orang yang mempunyai kecenderungan alergi terhadap debu yang biasanya menempel pada karpet. Bagaimana Solusinya? Solusinya adalah mengunakan karpet dengan bahan serat benang tebal dan anyamannya jarang. Lho kok bisa? Karena dengan menggunakan bahan berserat benang tebal serta anyaman jarang menjadikan debu yang menmpel mudah dibersihkan. Kerapatan jalinan serta tipisnya serat menyebabkan debu dan kotoran yang masuk cepat menyerap dan mudah masuk ke celah-celah terkecil.

Untuk mengatasi kecenderungan alergi terhadap bahan-bahan berbulu, lain lagi solusinya. Di pasaran banyak beredar karpet atau alas penutup lantai yang terbuat dari bahan serat alam dengan tampilan yang cukup menawan. Pilihlah yang tebal dan berjalinan rapat agar tidak mudak robek. Untuk perawatanya jangan lupa selalu menggunakan vacuum cleaner serta di jemur di bawah sinar matahari. Kenapa? Ya biar tidak berbau apak dong!