7 Tips Renovasi Rumah Dengan Biaya Murah Dan Efisien

Sponsored Links

7 Tips Renovasi Rumah Dengan Biaya Murah Dan Efisien

Renovasi rumah-Anda ingin melakukan renovasi rumah? Rumah Anda sudah tidak layak lagi untuk dihuni, dan harus direnovasi? Anda sudah bosan dengan model rumah Anda yang model dan desainnya sudah berkesan jadul, dan menginginkan renovasi rumah? Yach, mungkin banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang menjadikan Anda berinisiatif untuk merenovasi rumah. Lalu untuk merenovasi rumah dengan biaya murah dan efisien seperti apa sih tipsnya?

Rencana Renovasi Rumah
Rencana Renovasi Rumah

Ok, dalam tulisan kali ini, penulis ingin membahas bagaimana memalukan renovasi rumah dengan cara yang hemat serta efisien.

  1. Pastikan Anda tahu jenis dan model bangunan yang akan dimiliki
    Kenali dan pahami model bangunan yang Anda miliki. Ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh bangunan yang perlu direnovasi. Catat kekurangan bangunan yang perlu direnovasi, entah itu renovasi total atau renovasi sebagian. Mengenali bangunan Anda ini adalah cukup penting untuk memberikan input yang terbaik didalam merenovasi rumah Anda.
  2. Susunlah daftar mana yang perlu di renovasi dan mana yang tidak
    Setelah Anda betul-betul tahu dan faham tentang rumah Anda, pastikan membuat daftar mana yang perlu direnovasi dan mana yang  tidak. Untuk pekerjaan ini, Anda bisa membuat skala prioritas demi menjaga unsur efektif dan efisien. Kadang Anda bisa juga tergoda, bahwa sebetulnya ada point pekerjaan yang sebetulnya masih bagus dan tidak perlu direnovasi dimasukkan ke dalam daftar renovasi.
  3. Dari daftar yang perlu direnovasi, buat RAB
    Setelah Anda tahu mana yang perlu di renovasi dan mana yang tidak perlu, dari hasil catatan tersebut buatlah  RAB (Rencana Anggaran Biaya). Dari konsep RAB inilah Anda bisa mengira-ngira berapa biaya yang akan diperlukan untuk renovasi rumah tersebut. Buat dengan teliti dan sedetail mungkin untuk memberikan keakuratan yang bagus. Jika Anda tidak mampu membuat RAB, silahkan hubungi jasa renovasi rumah yang mengetahui cara menghitung RAB plus penawaran harga yang diberikan untuk Anda.
  4. Gunakan pengerjaan dengan harian bukan dengan sistem borongan per meter persegi
    Untuk efektif dan efisiensi pekerjaan, penulis menyarankan untuk meghintung satuan pekerjaan bukan dengan cara borongan atau hitungan per meter persegi. Bisa jadi dengan sistem borongan ini berpotensi meleset dari keakuratan pekerjaan. Bisa jadi terlalu mahal atau terlalu murah. So, sistem ini hanya bertujuan untuk melakukan sebuah efisiensi pekerjaan. Jangan sampai salah perhitungan sehingga biaya yang Anda keluarkan jatuhnya lebih mahal.
  5. Disiplin di saat pengerjaan, jangan pernah menambah renovasi yang tidak masuk daftar rencana
    Saat proses pengerjaan bangunan, jangan pernah tergoda untuk menambah item pekerjaan yang tidak masuk daftar RAB rumah Anda. Anda tahu kenapa? Jika Anda tidak disiplin tentunya akan menjadikan membengkaknya biaya, sehingga mau tidak mau akan terjadi bukan efektif dan efisien lagi dari rencana yang Anda buat sematang mungkin tadi. Namun percuman dari pembuatan serta perencanaan yang matang tadi.
  6. Jangan lupa untuk mengontrol pekerjaan dari tukang Anda disaat pengerjaan
    Ketika Anda sudah pada tahap proses pengerjaan, jangan lupa untuk selalu mengontrol dari pekerjaan yang sudah Anda borongkan atau berikan ke orang yang sudah Anda percaya. Setidaknya, Anda akan meminimalisir dari niat yang kurang bagus dari tukang tersebut, seperti mengulur-ngulur pekerjaan yang berdampak pada melambungnya biaya ongkos tukang. Ini penting, demi tercapainya tujuan efektif dan efisien tadi.
  7. Mintalah garansi dari pemborong atau orang yang mengerjakan pekerjaan Anda
    Point terakhir, sebelum tukang melakukan serah terima dari pekerjaan yang Anda berikan, setidaknya mintalah garansi dari hasil pekerjaan yang dia hasilkan. Bisa jadi kualitasnya kurang bagus, sehingga Anda harus melakukan pekerjaan ulang dari ketidakpuasan pekerjaan yang dihasilkan. Garansi ini bertujuan untuk memberikan rasa nyaman ketika terjadi ketidakberesan saat penggunaan bangunan yang direnovasi. Misalnya 3, 6 atau 1 tahun dari serah terima pekerjaan tersebut. Jika ada garansi, ketika ada kekurangan dari hasil pekerjaan tersebut Anda terbebas dari biaya revisi pekerjaan tersebut.
Hasil renovasi rumah sebelum dan sesudah pengerjaan
Hasil renovasi rumah sebelum dan sesudah pengerjaan