7 Inspirasi Tips Serta Trik Menjadi Broker Properti Sukses Tanpa Modal, Sukses Bisnis Properti Dengan Modal Dengkul

Sponsored Links

Bisnis properti dengan modal dengkul! Sebuah bisnis tanpa modal namun menghasilkan keuntungan yang berlipat-lipat. Sebuah bisnis yang sedang di cari banyak orang dengan modal hanya omong doang menjadikan kaya raya. Bisnis properti model apaan itu? Bisnis properti yang tidak mengandalkan faktor modal ini adalah bisnis properti berperan sebagai jasa perantara, atau sebagai mediator jual beli di dalam sektor bisnis properti.

Berapa sih untungnya komisi untuk menjadi agen properti? 2-3 % dari angka transaksi merupakan angka yang diberikan untuk komisi fee ketika kita berjasa sebagai mediator. Coba kita hitung berapa komisi yang kita terima jika kita berhasil menjualkan sebuah properti senilai 500 juta rupiah? 2 persen dari transaksi 500 juta rupiah tersebut adalah 10 juta rupiah angka yang berhak kita dapatkan dari transaksi tersebut. Sebuah angka yang menakjubkan bukan, ketika kita berhasil menjual sebuah properti saja. Bayangkan market kebutuhan akan properti yang masih luar biasa terbuka lebar.

Bisnis properti idaman keluarga
Bisnis properti idaman keluarga

Idealnya sebuah bisnis memang harus dilakukan dengan mengggunakan modal berupa uang. Setelah mempunyai modal uang,  modal berikutnya baru skill atau ketrampilan. Namun untuk menjalankan usaha dibidang properti bukan melulu uang yang bisa menjadikan diri kita sukses, tetapi kemauan untuk menjalankan bisnis ini dengan tekun dan teliti adalah kunci utama untuk sukses. Berikut ini beberapa tips dan trik yang bisa digunakan ketika kita betul-betul mau terjuan kedunia bisnis properti:

  1. Gunakan trik lebih baik menjadi ikan besar tetapi dikolam kecil daripada menjadi ikan kecil dikolam besar

Apa sih maknanya dari filososfi diatas? Menjadi ikan besar atau kecil sebenarnya menjadi pilihan kita masing-masing ketika kita ingin terjun kedunia properti. Menjadi ikan besar tetapi dikolam kecil disini saya umpamakan menjadi seorang agen atau broker properti bermainnya di wilayah pedesaan atau jual beli properti bukan di kota-kota besar. Tetapi cukup bermain di kota-kota tingkat sedang dan kecil, namun memiliki nama besar di kota kecil tersebut. Jadi ketika kita berfilososfi menjadi ikan besar namun dikolam kecil adalah kita menjadi pemain utama diwilayah yang kota yang levelnya termasuk kota kecil, namun kita cukup disegani sebagai broker properti di kota tersebut. Jadi nama kita sudah termasuk kelas yang moncer untuk level kota kecil. Kenapa kita meilih segment ini? Segment bisnis untuk mejadi broker properti dikota kecil masih menjadi pilihan yang sangat empuk ditengah kerasnya permainan manjadi broker bisnis properti dikota-kota besar. Jadi kita sangat berpotensi untuk menjadi besar namun segment kita berada di daerah-daerah kota kecil. Jika kita menguasai segment ini dan berkuasa diwilayah-wilayah kota kecil pastinya kita lama-lama juga akan menjadi ikan besar namun dikolam besar pula.

Sebaliknya ketika kita memutuskan untuk menjadi ikan kecil tetapi dikolam besar adalah kita memilih segment untuk bermain dibisnis properti dengan jangkauan kota-kota besar. Ketika kita terjuan kedalam bisnis properti dengan filosofi ini berarti kita harus siap bertarung dengan banyaknya para pemain properti namun masih memiliki segement pasar yang cukup luas. Waluapun letaknya dikota besar dan pemainnya banyak tetapi kebutuhan akan properti dikota besar cendrung lebih banyak. Sehingga kita masih memiliki peluang untuk menang di kota-kota tersebut, walaupun mungkin agak sedikit lebih terjal medannya dibandingkan dengan di kota kecil.

  1. Kunci sukses berikutnya untuk menjadi broker properti sukses adalah kesabaran

Sabar ini secara teori sangat mudah untuk diucapkan, namun bukan hal yang mudah ketika kita mengaplikasikan kata sabar ini untuk terjun kedalam bisnis properti. Kata sabar berarti kita harus telaten serta tekun ketika kita menawarkan ke beberapa calon pembeli potensial dan gagal deals. Sabar berarti kita harus tetap tekun dan ulet disaat kita ditolak dan ditolak ketika menawarkan rumah yang hendak kita jualkan milik salah satu calon penjual kita. Sabar berarti juga harus rela di pingpong kesana-sini karena ruwetnya legalitas sebuah properti karena properti tersebut masih dijaminkan di bank namun ingin kita perantarai untuk dijualkan, dan masih banyak model sabar-sabar yang lain ketika kita masuk kedalam bisnis properti ini. Bukan hal yang mudah memang, namun ketika kita tekun dan teliti pastinya tetap akan berbuah yang manis, yaitu menjadi seorang broker properti yang sukses.

  1. Lakukan Listing Yang Terupdate Untuk Bahan Jualan Properti Kita

Bisnis jual beli properti adalah bisnis jual beli informasi. Lho kok bisa? Ketika kita masuk dan terjun kedunia bisnis properti yang paling mahal adalah database listing daftar properti kita. Semakin lengkap daftar properti yng hendak kita jual, berarti semakin besar kemungkinan untuk sukses menjual sebanyak-banyaknya properti. Untuk mencari daftar listing banyak cara yang bisa kita lakukan. Mulai dari terjun sendiri dengan berjalan-jalan disekitar kota kita tentang rumah dan properti yang hendak dijual sampai dengan mencari listing sendiri di koran, internet atau media-media yang lain.

Setelah kita mendapatkan daftar listing yang hendak kita jual, pastinya kita perlu melakukan follow up (tindak lanjut) untuk memahami seluk beluk properti yang hendak kita jual tersebut. Tindak lanjut tersebut bisa berkaitan dengan legalitas properti itu sendiri dan juga berkaitan dengan fisik properti tersebut. Setelah informasi yang kita listing memenuhi untuk kita pasarkan barulah kita beraksi untuk mencari pembeli yang potensial dari properti tersebut.

  1. Berani berspkulasi untuk sukses dengan mengeluarkan sedikit dana untuk biaya pemasaran

Sebuah kesuskesan tidak ada yang gratis, tentunya ada harga yang harus kita bayar. Bukan berarti dengan slogan diatas bisnis properti dengan modal dengkul, tidak mengeluarkan uang sama sekali. Pastinya tetap investasi uang untuk membiayai proses memasarkan daftar listing properti kita tersebut. Sebagai contoh kita bisa membuat flyer (semacam brosur) tentang daftar listing properti yang kita punya. Kita harus berani mengeluarkan uang untuk mengiklankan produk kita dikoran atau media cetak lainnya.

Jadi bukan berarti ketika kita ingin sukses di dalam memasarkan didunia properti tanpa sepeserpun tidak mengeluarkan modal, namun harus berani menabur sejumlah uang untuk keperluan kelancaran pemasaran kita.

  1. Pastikan pemilik properti yang hendak kita jualkan mengetahui biaya-biaya yang di keluarkan disaat proses pemasaran properti tersebut

Seni memasarkan produk properti milik orang lain adalah ada biaya-biaya ekstra yang kelihatannya tidak ada namun sebenarnya biaya tersebut ada. Jadi biaya yang ditimbulkan akibat dari proses memasarkan produk properti tersebut. Biaya-biaya tersebut biasanya berkaitan dengan proses pembuatan flyer, iklan di koran atau pemasangan iklan di media online tentunya semuanya tidak gratis. Idealnya ketika Kita memasarkan produk properti dari tuan tanah atau pemilik properti tersebut mereka tahu bahwa biaya-biaya tersebut masuk kedalam harga yang nantinya deals ketika properti tersebut terjual. Semua ini perlu di bicarakan di depan untuk menghindari kesalahfahaman dikemudian hari. Jadi Kita sebagai broker juga tidak dirugikan karena biaya-biaya tersebut sudah sama-sama tahu baik pemilik properti maupun agennya.

  1. Untuk seorang broker pemula sebaiknya Anda bergabung dengan Agen Properti ternama di kota Anda

Untuk menjadi seorang broker properti yang kita tentunya harus memiliki ilmu yang cukup untuk terjun kedalam bisnis properti tersebut. Untuk seorang pemula jika betul-betul kurang faham tentang seluk beluk masuk kedalam bisnis dunia properti, cara yang paling intstant untuk learning by doing (belajar sambil mempraktekkan) adalah dengan bergabung dengan agen properti yang sudah ternama di kota Kita. Kenapa harus bergabung dengan agen seperti ini? Dengan kita bergabung dengan agen-agen properti seperti ini secara tidak langsung Kita bersekolah bisnis properti tersebut. Disitu biasanya kita mendapatkan ilmu-ilmu yang paling dasar tentang lika-liku masuk menjadi agen properti. So, bergabung kedalam agen-agen properti merupakan salah satu media sederhana untuk membeli market properti. Maksudnya disini, ketika kita bergabung didalam lembaga atau assosiati broker properti secara tidak langsung berarti kita mempunyai banyak kenalan dengan orang-orang yang mempunyai listing database properti. Dengan cara ini berarti kita bisa melakukan kerjasama yang saling menguntunkan untuk saling bertukar informasi. Seperti konsep tips dan trik diatas informasi listing adalah segala-galanya, jadi dengan bergabung dengan agency properti seperti ini tentunya kita secara tidak langsung tersuport dengan database listing properti yang hendak kita jual.

  1. Pahami semua legalitas yang berkaitan dengan jual beli properti

Untuk sukses terjun kedalam bisnis properti satu lagi hal yang jangan pernah diabaikan, yaitu pengetahuan tentang legalitas properti. Kenapa ini penting? Pastinya untuk mendukung kelancaran ketika proses akuisisi sebuah properti pastinya harus mengetahui cara proses AJB (akta jual beli), jenis-jenis legalitas properti seperti SHM, SHG, letter c, petok D dan jenis-jenis surat tanah lainnya.

Untuk melakukan transaksi jual beli properti tentunya ada beberapa pajak yang harus di bayar saat transaksi jual beli tersebut, tentunya ini semua bersentuhan dengan legalitas dan hukum. Jadi untuk masuk kedalam dunia bisnis properti Anda harus tahu dan menguasai ini untuk kemudahan-kemudahan proses transaksi Anda.

Selain itu, jika Anda faham soal legalitas properti tentunya kecil kemungkinan untuk masuk kedalam transaksi-transaksi tanah yang masuk kedalam wilayah sengketa. Bukan tidak mungkin ketika kita masuk kedalam bisnis properti ini, terkena atau bersentuhan dengan model-model tanah yang legalitasnya tidak jelas. Jika kita tahu dan faham sedikit tentang legalitas properti tentunya akan membantu kita menyelamatkan dari terperosoknya transaksi yang kurang aman dari sisi legalitas hukum. Jadi kuasai juga pengetahuan tentang semua legalitas yang berkaitan dengan bisnis jual beli proeprti tersebut, demi kemamanan proses taransaksi Anda.

Itulah sedikit tips dan trik untuk sukses menjadi seorang Agen properti yang handal serta sukses, semoga tips sederhana ini bermanfaat bagi Anda!

Salam Sukses Untuk Bisnis Properti!