7 Point Yang Wajib Ada Untuk Estetika Desain Arsitektur

Sponsored Links

7 Point Yang Wajib Ada Untuk Estetika Desain Arsitektur

Trend desain arsitektur Indonesia begitu luar biasa. Rata-rata memiliki keindahan yang eksotis didalam desainannya. Namun siapa sangka, ternyata karya anak negeri yang begitu indah didalam liuk-liukan tersebut hanya dari tampilan luarnya saja, dan ketika di bedah dari dalam, mereka lupa bahwa desain arsitektur yang indah tersebut untuk di huni manusia, bukan indah di pandang saja. Kebanyakan karya arsitektur kita masih sebatas seni instalasi, belum berpijak pada human being, alias bangunan tersebut nantinya untuk di huni manusia, bukan untuk kepentingan indah pandangan visual saja. Arsitek Indonesia belum memiliki pola fikir yang totalitas untuk memanusiakan manusia di dalam karya-karya mereka.

Ungkapan tersebut dilontarkan oleh Ketua Umum IAI (Ikatan Arsitek Indonesia), Munichy B Edrees, saat peluncuran satu produk YKK Neksta. “ Arsitektur Indonesia rata-rata males berkreatifitas untuk mendesain satu bangunan yang bersifat komprehensif”, mereka mikirnya hanya yang penting indah dari tampilan visual saja, namun lupa bahwa bangunan tersebut untuk hunian manusia.

Munichy, menambahkan, kebanyakan para arsitek Indonesia yang tersebar di berbagai kota, sangat suka berkiblat pada desainer-desainer mancanegara. Namun mereka lupa dengan pijakan kaki mereka sendiri bahwa Indonesia memiliki karya arsitek yang tidak kalah moncer dibandingkan dengan karya-karya orang-orang bule itu. Lihat saja, desain gaya Bali cukup prstisius di mata dunia International. Rumah Gebyok dan desain khas Joglo menjadi ikon symbol majunya perarsitekan Indonesia. Bukan melulu milik desain minimalis yang selalu mengandalkan sebuah fungsional dan efisiensi sebuah desain bangunan.

Terkadang para desainer muda lupa bahwa mereka suka mencontoh keindahan-keindahan arsitektur barat yang sebtulnya punya kita tak kalah menarik, terutama dalam soal culture root. Para arsitek muda, kebanyakan dari mereka mendesain suatu bangunan hanya untuk gagah-gagahan saja, namun ada yang terlupa dari satu hal yang wajib ada, yaitu bahwa bangunan tersbut di desain untuk dihuni. Lha, ketika bangunan untuk di huni, berarti hukum wajibnya adalah sebuah garansi kenyamanan.

Desain arsitektur rumah minimalis terbaru modern
Desain arsitektur rumah minimalis terbaru modern

7 Point Untuk Keindahan Estetika Arsitektur

Munichy melanjutkan idenya, ketika sebuah desain di katakana memenuhi estetika arsitektur jika memiliki 7 point dalam bangunan itu sendiri. Berikut ini paparan dari 7 point tersebut.

  1. Karya arsitektur tersebut haruslah fungsional

Fungsional, yach tentu dong! Sebuah bangunan didirikan untuk memberikan kegunaan bagi pemiliknya. Bukan sekedar untuk di bangun namun kurang memiliki nilai fungsi yang baik. Buat apa seorang arsitek merancang bangunan bagus-bagus namun secara fungsi tidak bisa di manfaatkan dengan optimal. Jadi inti yang pertama dari sebuah bangunan agar memiliki nilai guna adalah unsur fungsional, memiliki fungsi soal bangunan yang sebenarnya.

  1. Estetika, Indah ketika di pandang mata

Estetika adalah unsur yang kedua ketika seorang arsitek mendesain bangunan. Jadi ketika bangunan tersebut didirikan memberikan nilai plus ketika memandang, bukan sebuah bangunan yang merusak mata, alias merusak pemandangan. Ini adalah ide yang paling dasar di dalam merancang suatu bangunan yang bagus.

  1. Dapat di Bangun Secara Teknis

Hal yang wajib menjadi catatan seorang arsitektur adalah ketika merancang sebuah gambar, desainer bangunan. Bangunan tersebut dapat di bangun dengan standart teknis sebuah bangunan. Mungkin Anda pernah melihatkan, ada sebuah rancang bangun yang sangat indah secara visualisasi gambar, namun tidak bisa di bangun secara teknis. Jadi ini penting sebagai seorang arsitektur, ketika menggambar sebuah bangunan bisa didirikan dan di bangun sesuai dengan konsep konstruksi bangunan, struktur dan material bangunan.

  1. Safety (Keselamatan)

Hal yang wajib berikutnya untuk sebuah bangunan adalah memiliki unsur safety/keselamatan dari penggunaan bangunan itu sendiri. Banyak bangunan bagus dari sisi desain, namun tidak safety ketika di gunakan sebagai tempat tinggal. Pernah lihat, bangunan atau gedung bertingkat ambruk? Salah satu hal yang tidak masuk dalam kategori ini adalah unsur keselamatan yang diabaikan.

  1. Nyaman

Sebagus apapaun bangunan, namun tidak nyaman percuma saja. Jadi ketika Anda memilih gambar dari karya arsitektur, hal yang wajib diingat adalah unsur kenyaman itu sendiri. Bagus tapi tidak nyaman bukan sebuah pilihan yang tepat, namun bagus dan nyaman adalah unsur yang wajib dalam desain arsitektur banguan.

  1. Kontekstual dengan dimana lokasi tersebut di bangun

Beda desain, tentu beda penempatan bangunan tersebut. Gambaran ini mencerminkan sebuah ide yang tepat dengan model dan desain bangunan tersebut didirikan. Misalnya tema dari sebuah perumahan berkonsep Mediteranian minimalis, tentunya kolaborasi ide perumahan yang terbaik adalah mendukung model banguan tersebut secara keseluruhan. Bukan mencampur adukkan model dan desain banguna yang beragam dan aneh-aneh.

  1. Efisien dan mudah di bangun

Point yang terakhir dari estetika keindahan dan fungsional dari sebuah desain arsitektur yang memberikan kesan memanusiakan manusia adalah efisien dan mudah dibangun. Buat apa mendesain bangunan yang cukup ciamik, namun tidak efisien didalam proses pembangunannya dan ketika bangunan tersebut di huni. Jadi silahkan mendesain bangunan sebagus apapun asal efisien dan mudah dibangun sesuai dengan kaidah pembangunan bangunan itu sendiri.